LRT Bisa Lanjut Sampai Bogor, Ini Kata Kemenhub

LRT Jakarta

MONITOR, Jakarta – Pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan kalau proyek Light Rail Transit (LRT)  yang saat ini sedang dibangun dari kawasan Semanggi sampai kawasan Cibubur rencananya akan dilanjutkan sampai Kota Bogor.

“Ya, kita rencanakan proyek LRT ini sampai Bogor,” ujar Kemenhub Budi Karya Sumadi, di Puri Begawan Bogor, Minggu (26/8).

Menurut Budi, kalau nantinya pembangunan LRT ini sampai ke kota Bogor, pembangunannya tidak lagi didanai oleh pemerintah melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Pendanaan pembangunan akan menggunakan konsep atau skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU)

“Untuk desainnya tetep dari kita. Nanti desain ini akan kita tawarkan kepada pihak swasta swasta untuk mengambil desain yang ekonomis,”ungkapnya.

Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II ini mengatakan, dengan skema KPBU,  tak menutup kemungkinan jika Adhi Karya bisa menjadi kontraktor LRT ke Bogor seperti saat mengerjakan LRT Jabodebek yang berakhir di Cibubur.

Budi Karya pun berharap proses pelelangan proyek LRT ke Bogor bisa rampung pada akhir tahun ini dan pengerjaannya dimulai tahun depan.

“Kami ingin govermance, kesempatan itu diberikan juga ke swasta lainnya. Akhir tahun ini (prosesnya) selesai, tahun depan kita mulai. Soal anggaran mudah-mudahan bisa ditekan lebih kecil dari LRT sebelumnya,” pungkasnya.