Jernihnya Sungai Cheonggyecheon Seoul Bikin Jokowi Takjub

Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana, menyusuri sungai Cheonggyecheon di Seoul (dok: setkab)

MONITOR, Seoul – Jernihnya aliran sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan, membuat Presiden Joko Widodo terpesona. Bersama Ibu Negara Iriana, Jokowi berjalan kaki menyusuri sungai tersebut sebelum mengawali kegiatan kunjungannya pada Selasa (11/9) kemarin.

Bukan mustahil. Jokowi rupanya optimis kota metropolitan seperti Jakarta bisa mewujudkan hal tersebut. Seperti sungai Ciliwung, kata Jokowi, dulu airnya sangat keruh dan kotor.

“Sungai Cheonggyecheon sebuah inspirasi yang sangat bagus, kalau di Jalarta ada Ciliwung bisa jadi bersih seperti ini, wow, dan itu bisa,” ujar Jokowi bercerita ke awak media.

Bahkan jika digarap serius, Jokowi yakin Jakarta bisa mengubah semua sungai-sungai menjadi bersih dan cantik seperti Seoul.

Kenyamanan Jokowi dan Iriana saat itu cukup tampak. Keduanya terlihat sangat menikmati udara bersih dan jalanan pagi di tepi sungai itu dengan mengenakan kaos putih dan jaket merah.

Soal kerja sama penanganan sungai, Jokowi mengatakan, bahwa Jakarta sendiri, sudah menjadi sister city dengan Seoul. Ia pun hanya meminta kepada pemimpin Korsel untuk berbagi resep membangun Sungai Cheonggyecheon itu.