Jazuli: Indonesia Konsisten Perjuangkan Nasib Rohingya

Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menghadiri 39th General Assembly Of The Asean Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) di Singapura (dok: istimewa)

MONITOR, Singapura – Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini bersama Delegasi DPR RI menghadiri 39th General Assembly Of The Asean Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) di Singapura pada 3-7 September 2018.

Delegasi ini dipimpin langsung oleh Ketua DPR RI Bambang Soesatyo dan Wakil Ketua Fadli Zon.

Pada Sidang Umum Parlemen Asean ini, Jazuli Juwaini menegaskan delegasi Indonesia tetap pada komitmen dan konsisten untuk memperjuangkan nasib muslim Rohingya yang dilanda krisis kemanusiaan akibat pembantaian etnis yang terjadi disana.

“Tidak mudah memasukkan agenda kemanusiaan untuk memperjuangkan nasib etnis Rohingya dalam sidang ini karena penolakan sejumlah negara. Tapi, alhamdulillah dengan kegigihan delegasi Indonesia akhirnya diagendakan,” terang Jazuli.

Terlebih lagi, lanjutnya, hasil investigasi Tim Independen PBB baru-baru ini juga menegaskan bahwa telah terjadi kejahatan kemanusiaan serta pelanggaran HAM serius di Rohingya.

“Untuk itu Parlemen Asean (AIPA) tidak boleh tinggal diam atas isu ini, sebaliknya harus pro aktif untuk menghentikan tragedi kemanusiaan atas etnis Rohingya dengan upaya regional yang terukur dan determinatif,” kata Jazuli.

Anggota Komisi I ini menekankan, krisis kemanusiaan Rohingya telah menjadi perhatian dunia dan tidak hanya masalah regional kawasan Asean.

“Krisis ini jelas merupakan ancaman bagi kemanusiaan, perdamaian dan keamanan dunia. Kami berharap AIPA bisa menjadi bagian solusi untuk memastikan tragedi kemanusiaan ini berakhir dan warga Rohingya dalam kembali dan hidup berdampingan secara damai di tanah air mereka Myanmar,” pungkas Jazuli.

Untuk itu, Delegasi DPR RI akan berusaha maksimal untuk mendesak Sidang Umum AIPA kali ini menghasilkan keputusan dan rekomendasi yang kongkrit bagi penyelesaian krisis Rohingya.