Investor Wait and See, IHSG Dibuka Naik

Ilustrasi IHSG (Foto: Dok Metrotvnews.com)

MONITOR, Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pembukaan perdagangan Selasa (28/8) dibuka naik 25,01 poin di tengah aksi menunggu yang dilakukan pelaku pasar.

“IHSG dibuka menguat di tengah perhatian investor domestik tertuju pada kebijakan-kebijakan yang akan ditempuh pemerintah dalam mengendalikan depresiasi nilai tukar,” ungkap Riset PT Samuel Sekuritas.

Pada pembukaan perdagangan Selasa ini, IHSG naik 25,01 poin (0,42 persen) ke posisi 6.006,32. Sedangkan indeks saham unggulan LQ45 menanjak 37,5 poin (0,63 persen) menjadi 947,74.

Untuk kondisi global, pidato Ketua The Federal Reserve Jerome Powell mendatangkan sentimen positif ke bursa saham Amerika Serikat (AS), di mana di akhir pekan lalu, bursa saham Wall Street menguat dengan kenaikan tertinggi pada indeks S&P 500.

Powell menegaskan bahwa The Fed tetap dalam jalur untuk menaikkan suku bunga secara bertahap selama ekspansi ekonomi AS tetap kuat.

Berbicara di sebuah simposium penelitian di Jackson Hole, Wyoming, Powell mengatakan kenaikan suku bunga Fed secara bertahap adalah cara terbaik untuk melindungi pemulihan ekonomi, mempertahankan pertumbuhan pekerjaan yang kuat dan menjaga inflasi AS tetap terkendali.

Penegasan Powell ini tidak banyak mengubah ekspektasi pasar soal kenaikan suku bunga The Fed pada bulan September 2018 dan mungkin sekali lagi pada bulan Desember 2018.

Data ekonomi AS terbaru juga mendorong pergerakan bursa negera tersebut.

Sementara itu mayoritas bursa Asia pagi ini dibuka bergerak di zona hijau.