Ini Pesan dan Harapan Jokowi di HUT RI Ke-73

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sidang bersama MPR, DPR, DPD RI, di Gedung MPR/DPR, Jakarta (Foto: Rangga Darmawan)

MONITOR, Jakarta – Jelang perayaan hari ulang tahun (HUT) RI yang ke 73, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sidang bersama MPR, DPR, DPD RI, di Gedung MPR/DPR, Jakarta.

Saat berpidato, Jokowi berharap HUT RI ke-73 dapat dijadikan  sebuah momentum untuk mengingat kembali semangat persatuan Indonesia yang telah dibuktikan oleh para pendiri bangsa, perintis, dan pejuang dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

“Semua anak-anak bangsa menyingkirkan perbedaan politik, perbedaan suku, agama ataupun golongan hanya untuk mewujudkan Indonesia merdeka. Perbedaan bukanlah penghalang bagi para pejuang kemerdekaan untuk bersatu,” kata Jokowi saat pidato kenegaraan di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis, (16/8).

Selain itu, ia juga mengimbau, agar bersama menjaga persatuan dan menemukan energi yang dahsyat untuk menggerakkan seluruh tenaga, pikiran, dan juga tetesan keringat untuk Indonesia merdeka.

Menurutnya, hal itu penting dalam menyatukan persatuan Indonesia yang diilhami dari semangat para pejuang kemerdekaan dengan menemukan solidaritas, kepedulian.

“Kini, setelah 73 tahun merdeka, kita harus melanjutkan semangat para pejuang kemerdekaan untuk bekerja nyata mengisi kemerdekaan, memenuhi janji-janji kemerdekaan dan untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” imbuhnya.

Ia mengungkapkan, dalam perjalanannya sebagai bangsa yang merdeka, Indonesia banyak menghadapi berbagai tantangan serta rintangan yang menguji persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

“kita wajib bersyukur karena dalam menghadapi ujian tersebut, kita selalu diingatkan oleh para pendiri bangsa bahwa jatuh bangunnya sebuah bangsa sangat tergantung pada bangsa itu sendiri. Apakah bangsa itu mau bersatu ataukah sebaliknya, bangsa itu mudah terpecah belah menunggu kehancuran,” pungkasnya.