Tim Tari Zapin UIN Riau, Berhasil Meraih Juara I di Malaysia

MONITOR, Jakarta- Mengharumkan nama bangsa, memang sudah menjadi kewajiban kita sebagai kaum generasi muda di Indonesia saat ini. Perlu diacungkan jempol, lagi-lagi generasi anak bangsa Indonesia mengharumkan negara Indonesia di negeri orang. Baru-baru ini, Tim Tari Zapin UIN Sultan Syarif Kasim, Riau telah berhasil meraih juara 1 Tingkah Geruh Akar Kita Zapin dalam ajang ‘Malay World Cultural Paradise’ di Malaysia.

Tingkah Geruh Akar Kita Zapin adalah program yang dibuat oleh Persatuan Titah Seni Malaysia ‘Malay World Cultural Paradise’. Ajang ini berlangsung di Balai Budaya Tun Syed Nasir Dewan Bahasa dan Pustaka Kuala Lumpur, Malaysia. Program Festival Akar Kita Zapin 2018 peringkat nusantara ini diikuti delegasi dari empat negara, yaitu Malaysia, Indonesia, Brunei, dan Singapura.

Wakil Rektor Bidang Kemahsiswaan dan Kerjasama UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Thohirin mengatakan, ajang tahun ini adalah gelaran kali keempat. Ajang tahunan ini digelar dalam rangka melestarikan dan mensyiarkan budaya yang berkembang di masyarakat. Gelaran ini juga menjadi wadah mengeratkan silaturrahim melalui pertukaran budaya antara negara.

“Prestasi anak-anak telah mencerminkan bahwa seni budaya kita tidak kalah dengan mahasiswa di negara lain, dan faktanya mendapatkan kejuaraan,” kata Thohirin, Senin (30/4).

Program Tingkah Geruh Akar Kita Zapin ini, Lanjut Thohirin, akan menjadi program tahunan menjelang Tahun Melawat Malaysia 2020.Tim Tari Zapin UIN Suska Riau, terdiri dari mahasiswa yang tergabung dalam UKM sanggar latah tuah. Tim ini dibina oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama dan Kepala Biro Eramli Jab.

Tim tersebut adalah, Imam Aminuddin (Ketua), GP Ade Darmawi (Pembina Sanggar), Ahmad Darmawi (Jubir), Hary Zardi (Koreografer), Andeska Putra (Komposer), Aldi Mukhlisin, Dwiki Apsyarin, Muhammad Aldiyansah (Pemusik), dan Dezy Susmita, Milla Fadila Rahmi, Nur Rahma, Lystia Fitri, Fytra Maulana Akmal, Imam Aminudin, Luthfi Alkhair, Age Maulana (Penari), Wan Raffaly Syarbaros (Vokalis ) dan Muhammad Reza Akmal (Dokumentasi).

Bidang Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ruchman Basori, mengapresiasi capaian Tim Tari Zapin Mahasiswa UIN Suska Riau. Menurutnya, Kementerian Agama akan terus memacu bakat dan minat mahasiswa melalui berbagai ajang prestasi seperti Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR), Perkemahan Wirakarya PTK, Kompetsisi Jurnalistik dan berbagai event kerjasama lintas lembaga dan kementerian.