Pesta Pernikahan berbalut Silaturahmi Kebangsaan di Resepsi Putri Prof. Rokhmin Dahuri

Presiden Jokowi menghadiri resepsi pernikahan Muhamad Ridha Bintang dan Syifana Afiati putri guru besar ilmu kelautan IPB yang juga mantan menteri kelautan dan perikanan, Prof Rokhmin Dahuri di Ballroom Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat malam (27/7/2018).

MONITOR, Jakarta – Layaknya silaturahmi kebangsaan, begitulah gambaran acara
resepsi pernikahan Muhamad Ridha Bintang dan Syifana Afiati putri guru besar ilmu kelautan IPB yang juga mantan menteri kelautan dan perikanan, Prof Rokhmin Dahuri di Ballroom Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat malam (27/7/2018).

Sejumlah tokoh nampak hadir dalam acara yang dihadiri 3.600 undangan tersebut termasuk Presiden RI, Joko Widodo dan sejumlah menteri kabinet dan beberapa kepala daerah baik gubernur, walikota, maupun bupati.

“Terima kasih kami sampaikan kepada para hadirin tamu undangan yang hadir. Semoga ini tidak hanya menjadi seremonial tetapi lebih dari itu menjadi ajang silaturahim kebangsaan,” ujar Rokhmin Dahuri dalam sambutannya.

Sebagai informasi, acara resepsi tersebut selain para pemimpin negara, tokoh nasional, dan elit bangsa. Juga hadir perwakilan nelayan dan petani dari berbagai provinsi, juga public opinion leaders (influencers).

Dari pantauan MONITOR, sejumlah pejabat negara dan tokoh nasional yang hadir antara lain : Presiden Jokowi, Mantan Wakil Presiden; Try Sutrisno, Boediono, dan Hamzah Haz. Sementara dari jajaran menteri kabinet kerja Jokowi-JK nampak hadir Menko Maritim Luhut Binsar Pandjautan, Pratikno, Pramono Anung, Basuki Hadimulyo, Susi Pujiastuti, Nila Moeloek, Yasona Laoly, Rudiantara, Arif Yahya, Archandra Tahar, dan Ahmad Fachir.

Hadir juga Ketua Dewan Pertimbangan Presiden, Prof. Sri Adiningsih, Anggota Wantimpres, Sidarto, Ali Mochtar Ngabalin, dan lain-lain.

Anggota DPR RI : Fahri Hamzah, Hakam Naja, Viva Yoga Mauladi, Herman Khaeron, Trimedya Panjaitan, dan Ahmad Basarah.

Kepala Daerah : Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah, Rohidin (plt Gubernur Bengkulu), Ali Bal (Gubernur Sulawesi Barat), Rusli Habibie ( Gunernur Gorontalo), Arinal (Lampung), Syamsuar (Gubernur terpilih Riau), Prof. Nurdin Abdullah (Gubernur terpilih Sulsel), Hasto Wardoyo ( Bupagi Kulon Progo), Yopi Arianto (Bupati Indragiri Hulu), Amril (Bupati Bengkalis), Suyatno (Bupati Rokan Hilir), Muhamad Thamrin (Bupati Baubau), dan Ruksamin (Konawe Utara).

Sementara dari kalangan pengusaha, nampak hadir antara lain : Budi Hartono (Chariman Djarum Group), Boy Tohir (Adaro), William Katuari (Wings Group), dan lain-lain.

Para duta besar juga tampak hadir diantaranya dari Korea Selatan, China, Qatar, Malaysia, dan Singapura bersama para tamu luar negeri diantaranya : Mr. Kim Taesuk (Ketua DPRD Propinsi Jeju Islands, Korsel) dan 15 investors Korsel, Mr. Huang Bo (The Great Wall Group of China), Mr. Toshi Takajima (Blue Energy, Japan), dan beberapa Profesor dari USA.

Dari kalangan elit partai hadir sejumlah fungsionaris DPP PDI Perjuangan diantaranya : Hasto Kristianto (Sekjen), Eriko Sutarduga (Wasekjen), Yanti Sukamdani (Ketua), Hajah Sri Rahayu (Ketua), Nusyirwan Sujono (Ketua), Bambang DH (Ketua), dan Juliari Batubara (Wakil Bendahara).

Sebelumnya, pada akad nikah yang dilaksamakan di Mesjid At-Tin, TMII pada Sabtu 21 Juli 2018, Wapres Jusuf Kalla dan Fery Mursidan Baldan hadir dan bertindak selaku saksi akas nikah.

Selain dihadiri para tokoh, pesta resepsi pernikahan bertema adat minang tersebut juga dihiasi banyaknya karangan bunga yang berjumlah 456 buah lebih dan memadati komplek Bidakara.