Ini Alasan Jokowi Kenakan Kostum Veteran ala Bung Tomo

Presiden Joko Widodo mengenakan kostum ala Bung Tomo

MONITOR, Bandung – Pada peringatan momentum Hari Pahlawan, Presiden Joko Widodo sengaja mengenakan kostum ala Bung Tomo. Mengelilingi kota Bandung, Jokowi demikian sapaan akrabnya, bersama warga mengayuh sepeda onthel tua tanpa rem tangan. Selain berpakaian layaknya veteran, ia juga mengenakan selempang tas kulit.

Setelah gowes, Jokowi mengatakan dirinya sengaja memakai busana seperti Bung Tomo  untuk mengenang suasana sejarah masa-masa perjuangan tahun 1945.

“Ini kan hari Pahlawan, 10 November. Suasana sejarah di tahun- tahun ’45, masa-masa perjuangan. Suasana itu yang tadi kenapa saya pakai pakaian ini,” ujarnya kepada wartawan usai mengikuti Gowes Bandung Lautan Sepeda di Kantor Gubernur Jawa Barat, Sabtu (10/11).
Mengenai semangat yang ingin digelorakan, Jokowi menegaskan itu adalah semangat untuk membangun negara, untuk terus membangun negara.
“Saya kira semangat-semangat pahlawan dulu juga sama. Semangat untuk merdeka setelah itu semangat untuk membangun negara, semangat untuk memajukan negara, semangat untuk membuat Indonesia maju. Semangat di situ,” jelasnya.