Sigap Tangani Kasus Sodomi, KPAI Apresiasi Polsek Cengkareng

MONITOR, Jakarta – Terkuaknya peristiwa yang memilukan di Cengkareng yakni sodomi yang dilakukan Agus Winarto (27) alias Gondes pada anak-anak usia SD dan SMP membuat publik gempar.

Terkait kasus tersebut, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) segera mendatangi Polsek Cengkareng Jakarta Barat untuk berkomunikasi dengan keluarga, menggali lebih dalam dan mengawasi langsung peristiwa tersebut.

"Belum lepas ingatan kita pada peristiwa kejahatan seksual yang dilakukan Emon dengan menyodomi puluhan korban anak-anak di Sukabumi, kini terjadi lagi peristiwa yang hampir serupa," ujar Komisioner KPAI Bidang Trafficking dan Eksploitasi Ai Maryati Sholihah, Senin (28/8).

Ai Maryati menyatakan, KPAI mengapresiasi kesigapan Kapolsek Cengkareng beserta jajarannya dalam menangani peristiwa tersebut yakni menahan tersangka.

Ia menambahkan, dalam pertemuan tersebut KPAI bersama Kapolsek sepakat untuk membuat Tim Terpadu. "Tim Terpadu ini untuk menangani korban yang terdiri dari (Kepolisian, KPAI, P2TP2A dan KEMENSOS) untuk terlibat dalam penangan korban secara intensif dan tuntas," terangnya.

Selain itu, Ai Maryati menjelaskan tim tersebut akan fokus memantau proses hukum serta mendorong dilakukannya pengembangan pendalaman terhadap saksi-saksi sekaligus korban pada kejadian tersebut.

Perlu diketahui, Ketua KPAI Susanto didampingi Ai Maryati Solihah Bidang Trafficking dan Eksploitasi Anak beserta Jasra Putra Bidang Hak Sipil dan Partisipasi mendatangi Polsek Cengkareng, pagi ini Senin (28/8).

Dalam pertemuan itu, KPAI mengawasi penuh sehingga jika ada potensi kemungkinan masih adanya korban lainnya segera dapat ditangani.