Prof Rokhmin Dahuri ajak Civitas Akademika UNP Membumikan Nilai-Nilai Puasa

Prof. Rokhmin Dahuri saat memberikan tausyiah “Membumikan Nilai-Nilai Ibadah Puasa Ramadahan” di hadapan sekitar 700 Civitas Academica UNP (Universitas Negeri Padang) di Auditorium UNP, Padang, Senin (28/5/2018).

MONITOR, Padang – Allah SWT memerintahkan orang-orang beriman untuk berpuasa agar menjadi orang yang bertaqwa. Puasa Ramadan tidak hanya merupakan ritual ibadah semata. Puasa memiliki pesan dan nilai-nilai yang lebih luas bagi manusia khususnya mat muslim baik secara individu maupun sosial.

Guru Besar IPB sekaligus Wakil Ketua ICMI Pusat, Prof. DR. Ir. Rokhmin Dahuri, MS mengatakan salah satu manfaat puasa menjadikan tubuh manusia menjadi lebih sehat. Bahkan, penelitian menyebut bahwa puasa merupakan terapi paling efektif untuk mengobati kanker. Sementara bagi tatanan kehidupan sosial, puasa bagi seorang muslim merupakan latihan membentuk pribadi yang bertaqwa sebagai kunci kebahagiaan hidup baik di dunia maupun di akhirat.

“Baik secara teologis maupun rasional, Orang yang beriman dan taqwa kepada Sang Penciptanya dipastikan hidupnya akan sukses dan bahagia,” ujar Prof. Rokhmin Dahuri saat memberikan tausyiah “Membumikan Nilai-Nilai Ibadah Puasa Ramadahan” di hadapan sekitar 700 Civitas Academica UNP (Universitas Negeri Padang) di Auditorium UNP, Padang, Senin (28/5/2018).

Dihadapan Rektor Prof. Ganefri, Ketua Senat Guru Besar Prof. Z. Mawardi, Wakil Rektor, Seluruh Dekan dan Mahasiswa yang nampak antusias mengikuti tausiyah dan kuliah umum tersebut, Mantan Menteri Kelautan itu menegaskan bahwa puasa mendidik kita untuk menjadi pribadi yang memiliki kepribadian yang baik, disiplin, jujur serta meningkatkan empati terhadap sesama.

“Mari kita jadikan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan sebagai momentum untuk menjadi pribadi yang lebih baik menggapai ketaqwaan agar hidup kita diberkahi oleh Allah untuk mampu meningkatkan iman dan taqwa kita kepada-Nya, bukan hanya di bulan Ramadhan ini, tetapi juga di sebelas bulan sisanya, di sepanjang hidup kita di dunia fana ini,” pungkasnya.