Mendikbud Apresiasi 19 Peserta Didik Lembaga Kursus dan Pelatihan Berprestasi

Apresiasi peserta didik lembaga kursus dan pendidikan di Yogyakarta

MONITOR, Yogyakarta – Sebagai wujud apresiasi kepada peserta didik, serta lembaga kursus dan pelatihan yang telah berhasil menciptakan berbagai kreasi dalam pendidikan vokasi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memberikan penghargaan kepada 19 pemenang Lomba Kompetensi Peserta Didik, Lembaga Kursus dan Pelatihan, serta Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) Terbaik tahun 2018.

“Saya mengucapkan selamat untuk kesuksesan para pemenang. Prestasi tersebut akan menjadi modal dalam memberikan pelayanan, lebih percaya diri, serta kreatif dalam memajukan pendidikan kursus dan pelatihan,” demikian disampaikan Mendikbud pada pemberian penghargaan pada acara Gelar Karya Kursus dan Pelatihan, serta Job Fair, di Jogja Expo Center, Yogyakarta, Sabtu (11/08/2018).

Berbagai macam keterampilan dan keahlian, kata Mendikbud, merupakan pekerjaan-pekerjaan kreatif yang di dalam pemerintahan Kabinet Kerja Presiden Joko widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla termasuk jenis program yang diprioritaskan. “Jadi pelatihan, pengembangan di bidang keterampilan ini sangat di dukung oleh Pemerintah. Di dunia kursus termasuk dalam dunia rumah tangga saya mohon dapat di dorong untuk menciptakan SDM yang berdaya saing,” tutur Mendikbud.

Mendikbud berharap, lembaga kursus dan pelatihan dapat menanamkan jiwa kreatif terhadap peserta didiknya. “Kita harus mengajari peserta didik kita untuk berkreasi. Orang yang cerdas itu adalah orang yang kreatif, orang yang bisa menghadapi situasi yang baru dan melakukan tindakan secara tepat. Setelah dilatih dapat membuat sesuatu yang baru,” pesan Mendikbud.

Sepuluh pemenang lomba Kompetensi Peserta Didik Kursus dan Pelatihan Tingkat Nasional tahun 2018 adalah Willy, Kota Bandung, Jawa Barat, meraih juara pertama Lomba Merangkai Bunga Kiriman Flora Nusantara; Risety Endriningsih, DKI Jakarta, pemenang lomba Makanan Khusus Diet Bagi Penderita Diabetes; Afwani SS, Kota Medan, Sumatera Utara, pemenang Lomba Kreasi Hantaran Idul Fitri, Buku Tamu, dan Souvenir Untuk Pernikahan.

Selanjutnya, Ferry Sugeng Santoso, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, pemenang lomba Membatik Cap Selendang dengan Pewarna Ramah Lingkungan “Pesona Alam Nusantara”; Nopon Sastro, Kota Bengkulu pemenang Lomba Otomotif Teknik Sepeda Motor Level III KKNI; Yusriza, Kota Padang, Sumatera Barat, pemenang lomba Sop dan Soto Nusantara dalam Sajian Internasional; Rani Rodiyani, Kabupaten Pesawaran, Lampung, pemenang Keterampilan Tata Rias Pengantin Modifikasi dan Moderen.

Pada kategori lomba Body Treatment dan Spa Pedicure, pemenangnya, Septiana Dyah Ayu Wulandari, Kabupaten Bantul, D.I. Yogyakarta; Kategori lomba Tata Rias Pengantin Tradisional Paes dan Paes, pemenangnya, Yulianingsih, Kabupaten Bantul, D.I. Yogyakarta; Kategori lomba Tata Rias Wajah Panggung Penari Daerah, pemenangnya, Luh Putu Febriyanti, Kota Denpasar, Bali.

Selanjutnya, pemenang lomba Lembaga Kursus dan Pelatihan Berprestasi Tingkat Nasional tahun 2018, adalah Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Budi Mulya Dua Culinary School, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, memenangkan lomba kategori Rumpun Kerumahtanggaan; LKP Amanah Husada, Kota Probolinggo, Jawa Timur, memenangkan kategori Rumpun Kesehatan; LKP Solocom, Kota Surakarta, Jawa Tengah, memenangkan kategori Rumpun Jasa; LKP BPLE Tiara Course, Kota Denpasar, Bali, memenangkan kategori Rumpun Teknik; dan LKP Wisma Bahasa, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta, memenangkan kategori Rumpun Bahasa.

Adapun untuk lomba kategori Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) Terbaik dalam rangka pelaksanaan penilaian kinerja LSK tahun 2018, terdapat empat pemenang, yaitu, LSK Tata Kecantikan Jakarta Pusat, meraih penghargaan kategori LSK Berkinerja Sangat Baik; LSK Hantaran Jakarta Timur, meraih penghargaan kategori LSK Berkinerja Sangat Baik; LSK SPA Jakarta Timur, meraih penghargaan pada kategori LSK Favorit; dan LSK Pengasuh Anak Jakarta Selatan, meraih penghargaan pada kategori LSK Penyelenggara Uji Kompetensi Terbaik.

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa pendidikan kursus dan pelatihan memiliki peran penting dalam menyiapkan SDM yang kompeten. “Kursus dan pelatihan menyiapkan SDM agar mampu menaklukan kompetisi pasar kerja, dan melalui LKP mempunyai kekuatan yang penting di dalam membekali anak-anak kita dalam memenangi persaingan baik nasional maupun internasional,” pungkas Wali Kota Yogyakarta.