Mantan Menteri Kelautan diangkat sebagai Guru Besar Mokpo National University Korea

MONITOR, Wando – Mantan Menteri Kelautan era Presiden Gusdur dan Megawati Soekarnoputri, Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MSc diangkat sebagai Guru Besar Luar Biasa saat diminta memberikan kuliah khusus (Special Lecture) pada 2-3 Juli 2018.

Pada sesi kuliah I, Rokhmin Dahuri menyampaikan kuliah kepada 25 Mahasiswa Program Doktor (Ph.D Students) dan sejumlah Profesor Bidang Ocean Sciences and Technology, Mokpo National University, Republic of Korea. Senin (2/7/2018).

“Dalam topik ini, intisarinya tentang Status dan Tingkat Pemanfaatan sumberdaya perikanan tangkap dan akuakultur di dunia, Indonesia, dan Korsel,” kata Prof Rokhmin Dahuri yang juga Guru Besar IPB itu.

Selanjutnya, pada hari ke-2 Selasa 3/7/2018: Prof. Rokhmin Dahuri memberikan Special Lecture ke-2 nya “Ship Building Industry in the Fourth Industrial Revolution-4 Era” di Mokpo National University.

“Topik dari Special Lecture-2 adalah “Ship Building Industry in The Fourth Industri Revolution-4”. Isinya Kondisi dan Permasalahan Industri Galangan Kapal di Indonesia, Korsel dan Dunia,” ujar Prof Rokhmin.

Selain dalam rangka menerima pengangkatan sebagai guru besar luar biasa di Mokpo National Univesrsity, kehadiran Rokhmin Dahuri di Korea juga dalam rangka memenuhi undangan oleh Walikota Wando, Dr. Shin Woo-Chul untuk membicarakan kemungkinan membangun kerjasama sister city dengan salah satu Kota di Indonesia.

Sebagai informasi, Kota Wando merupakan Kota Pantai di Korsel yang sangat bersih, indah, maju, kaya dan penduduknya semua hidup sejahtera dan damai. Hampir 100 persen ekonomi Kota ini berbasis pada maritim, seperti perikanan tangkap, perikanan budidaya, industri pengolahan hasil perikanan dan seafood, pariwisata bahari, dan jasa-jasa kelautan. Contohnya 80% dari total produksi abalone Korsel berasal dari Kota ini. Demikian juga halnya dengan rumput laut.