Momen Keakraban Menteri Jonan dan Mbah Moen

MONITOR Jakarta – Di suatu sudut bandara Soekarno Hatta Tangerang, Menteri ESDM Ignasius Jonan terlihat tengah bercengkerama dengan salah satu ulama besar negeri ini, KH. Maimoen Zubair. Tak sendirian, Kiai Maimoen didampingi putranya Gus Taj Yasin, yang merupakan calon wakil gubernur Jawa Tengah.

Jonan yang memakai kemeja biru navy tampak akrab bersama Pimpinan Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang. Sesekali tersenyum dan menatap serius kepada kiai yang akrab disapa Mbah Moen itu. 

Menteri kelahiran Singapura 54 tahun silam ini, mengaku kagum dengan pemikiran jernih Mbah Moen mengenai persoalan kebangsaan di negeri ini. Ia mengamini bahwa nasehat yang diberikan ulama asal rembang itu sangat relevan.

"Di usia 90 tahun beliau masih jernih mengungkap berbagai persoalan kebangsaan. Nasihat dan masukannya masih sangat relevan dengan situasi kekinian," ujar Jonan hari ini, Kamis (18/1) sebagaimana pantauan Monitor di akun facebook Jonan.

Postingan Jonan ini pun menuai apresiasi netizen. Banyak yang berkomentar kedua tokoh ini sangat mengagumkan, dan layak diteladani. Sebagaimana lansiran komentar para fans Jonan berikut ini.

"Selamat siang bp KH Maimoen Zubair (Mbah Moen) inilah wajah silahturahmi yang sebenarnya dengan ketulusan bp KH Moen tetap menyapa bahkan berbincang-bincang dengan bp Ignasius Yonan. (bagai ayah dan anaknya) salam," kata Pesta Maria.

Li'ang Rondha Ba'ar Jr. juga mengatakan, "Met siang pk Ignas!! Selalu dekat dengan ulama sederhana seperti mbh moen itu akan memberikan pengajaran yang berharga buat pk Ignas dan kita semua."

Kridho Wati pun menambahkan, "Ini yang namanya tenun kebangsaan. Mbah Moen yang seorang ulama, mau bertemu dengan pak Jonan yg notabene non muslim. Ini ulama yg pantas di teladani. Sehat terus nggih mbah Moen."