Menteri Nasir Resmi Membuka Kegiatan “Indonesia Science Day” 2018

MONITOR, Jakarta – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir resmi membuka kegiatan 'Indonesia Science Day' (ISD) 2018. Kegiatan ini merupakan karya anak bangsa di bidang Iptek nutuk memperingati Hari Jadi Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP- IPTEK) ke 27.

Kegiatan ini akan berlangsung di Gedung PP-IPTEK di area komplek Taman Mini Indonesia Indah (TMII) mulai tanggal 20 hingga 22 April 2018. Pada kesempatan itu, Menteri Nasir sangat berharap agar ISD dimanfaatkan sebagai wadah menggeluti ilmu sains dan teknologi.

"ISD ini harapan saya, bisa menjadi tempat pembelajaran anak indonesia dibidang ilmu pengetahun, khususnya dibidang sains dan teknologi," ujar Nasir di lokasi, Jumat (20/4).

ISD 2018 ini merupakan ajang unjuk penemuan riset dan inovasi yang telah dilakukan oleh berbagai perguruan tinggi, lembaga litbang dan industri di Indonesia. Pameran ISD ini bertujuan agar memberikan pengetahuan mengenai iptek dan membuat lebih dekat dengan masyarakat, khususnya kalangan sekolah dan mahasiswa sebagai calon inovator iptek.

Dalam ISD 2018 ini akan diselenggarakan pameran, yang diikuti oleh 41 lembaga, baik pemerintah maupun swasta yang terdiri alas IS Perguruan Tinggi, yaitu Universitas Negeri Jakarta (UNI), Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya, Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Brawijaya (UNBRAW) Malang, Politeknik Negeri Semarang (POLINES), Politeknik Negeri Bandung (POLBAN), Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN), Universitas PeIita Harapan, Universitas Bina Nusantara, Telkom University, dan Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN), serta 26 lembaga litbang, LPNK, Industri strategis dan komunitas Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN), Pusat Teknologi Roket Lapan, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Badan Standarisasi Nasional (BSN), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Narkotika Nasional (BNN), PT Dirgantara Indonesia, PT P'mdad, PT Inka, PT Inti, PT Len Industri, PT Inuki, PT Dahana, PT Bio Farma, PT Triang\e Motorindo (VIAR), BaIitbang Kementerian Pertahanan, Dislitbang TNI Angkatan Darat, Litbang TNI Angkatan Laut, Perpustakaan Nasional RI, PT Kalbe Farma, Tbk, Pinhantanas, PT Asuransi Jiwasraya, PT Inatek Nusatama, Komunitas Food Truck, dan Komunitas Harley Davidson Indonesia.