Menteri Kesehatan Larang Jamaah Haji Selfie dengan Unta

MONITOR, Jakarta – Menteri kesehatan bersama Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin melepas keberangkatan kloter pertama jemaah haji Indonesia tahun 1438H/2017M dari embarkasi Jakarta Pondok Gede, Jumat (28/7) pagi.

Kloter pertama ini yang berjumlah 393 jemaah  terdiri dari 388 jemaah haji, 1 orang Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), 1 orang Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) serta 3 orang Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

Dalam Sambutannya, Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F. Moloek dalam sambutanya mengingatkan, agar jemaah haji senantiasa membiasakan pola hidup sehat dengan istirahat yang cukup, menkonsumsi makanan yang cukup, juga minum air yang banyak agat terhindar dari dampak cuaca panas yang musim haji ini menyentuh hampir 48 derajat.

Menurut Menkes, saat ini rata-rata jemaah haji berusia lanjut dan berkategori resiko tinggi.

“Biaskan pola hidup sehat, makan dan minum serta istirahat yang cukup, dan hindari ber swafoto (selfie) dengan Unta, fokus saja pada ibadah,” kata Menkes.

Selain jemaah haji dari embarkasi Jakarta Pondok Gede, pada hari yang sama juga diberangkatkan jemaah haji dari 7 embarkasi lainnya, yaitu; Embarkasi Bekasi (JKS), Surabaya (SUB), Solo (SOC), Medan (MES), Padang (PDG) dan Makssar (UPG) dengan jumlah jemaah sebanyak 5.324 orang atau 13 kloter.

Jamkrindo-Jaminan Kredit Indonesia