Mendikbud: PAUD, Fondasi Awal Pembentukan Karakter

MONITOR, Tangerang – Dalam momentum penghargaan anugerah PAUD 2017, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang di mulai dari Hari Anak Nasional, hingga hari ini menjadi puncak pemberian penghargaan terhadap para pelaku PAUD. 

“Kita bersyukur dan bangga hari ini mendapatkan kehormatan turut hadir bersama kita Ibu Negara. Momentum pemberian penghargaan ini sangat penting dilakukan, agar kita bersama-sama baik pemerintah dan pegiat pendidikan memperhatikan PAUD lebih berkualitas,” ujar Mendikbud, Senin (20/11).

Muhadjir menambahkan, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) semakin mendapat perhatian dari seluruh pemangku kepentingan pendidikan nasional. PAUD tidak lagi hanya dianggap sebagai sarana bermain bagi anak di bawah usia sekolah. Namun, juga sebagai fondasi awal program penguatan pendidikan karakter dan budi pekerti. 

“Pembentukan dan pembangunan karakter, budi pekerti dan akhlak mulia seorang manusia sejak usia dini harus menjadi pilar dan arus utama pembangunan pendidikan nasional,” ujarnya. 

Dikatakan, hampir semua negara maju sudah memperlakukan PAUD dengan sangat baik. Mulai dari sisi anggaran atau pun kualitas guru dan tenaga kependidikannya. Peningkatan kualitas dan kuantitas PAUD, Kemendikbud telah masuk dalam program prioritas pendidikan nasional. 

“Sesuai dengan arahan Presiden, Pemerintah memberikan Bantuan Operasional Pendidikan Anak Usia Dini sebesar Rp.600 ribu per anak,” jelas Mendikbud.

Dalam hal ini, untuk membangun PAUD, Mendikbud berpesan, perlu adanya sinergi pemerintah daerah, khususnya dalam pengalokasian anggaran daerah untuk pengembangan PAUD yang ada di masing-masing daerah.

Advertisementdiskusi publik wagub dki