Mendikbud Beri Beasiswa hingga Lulus SMA untuk Yohanes

Mendikbud beri beasiswa hingga lulus SMA untuk Yohanes (Foto: Wenti/Monitor)

MONITOR, Jakarta – Aksi heroik remaja Atambua NTT, Yonanes Android Kala, saat memanjat tiang bendera setinggi 9 meter menuai apresiasi banyak kalangan. Remaja yang akrab disapa Joni ini pun mendapatkan penghargaan dari Mendikbud RI Muhadjir Effendy.

Mendikbud memberikan penghargaan kepada Joni berupa beasiswa hingga lulus Sekolah Menengah Atas (SMA). Tidak hanya beasiswa pendidikan, Joni pun diberikan pakaian sekolah lengkap dan satu laptop.

Mendikbud mengatakan aksi Joni saat upacara bendera di Atambua, menjadi contoh keberhasilan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang ditekankan di sekolah-sekolah.

“Ini yang terjadi saat nilai-nilai religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab diperkuat,” ujar Muhadjir saat menyambut Joni dan keluarga, Senin (20/8).

“Jika PPK ini benar-benar dijalankan kita tidak perlu khawatir, nasionalisme tidak akan luntur,” tambahnya.

Anak bungsu dari sembilan bersaudara pasangan Lorensa Gama (53) dan Viktorlino Fahik Marcal (65) ini tampak begitu senang dan sempat menoleh ke arah orang tuanya saat menerima laptop dari Mendikbud.