Menag Ajak Jemaah Haji Doakan Keselamatan Muslim Rohingya

MONITOR, Makkah – Inisiatif bantuan kepada komunitas Muslim Rohingya bermunculan, selain rencana pengiriman bantuan pangan hingga pembangunan fasilitas kesehatan, bantuan doa juga diberikan kepada Muslim Rohingya agar konflik yang memaksa 90.000 orang mengungsi itu usai.

Ya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin yang kini menjadi Amirul Haji di Tanah Suci Makkah mengajak para jemaah haji asal Indonesia turut mendoakan kebaikan untuk Muslim Rohngya.

"Manfaatkan keberadaan kita di temoat dan waktu yang mustajab ini untuk berdoa. Mudah-mudahan saudara muslim kita, baik di Rohingya dan lainnya, segera diangkat penderitaan mereka," ujar Menag di Makkah, Minggu (3/9).

Selain untuk Muslim Rohingya, Menag juga mengajak jemaah haji untuk mendoakan pemerintah Indonesia agar diberi kekuatan dalam upaya  mencari terkait masalah Rohingya. Begitupun pemerintah Myanmar, Menag berharab mereka lebih mengedepankan kemanusiaan dalam masalah ini.

"Saya juga minta Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah untuk menyampaikan kepada seluruh kloter dan pembimbing ibadah agar mengajak jemaah haji mendoakan saudara kita di Rohingya saat berada di tempat-tempat mustajabah," kata Menag.

"Mari kita manfaatkan waktu kita di Tanah Suci untuk berdoa bersama. Semoga penderitaan saudara kita segera berakhir," pungkasnya.