Langkah Kemendikbud di Sektor Pelestarian Budaya

MONITOR, Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berbangga hati atas pencapaian dalam tiga tahun pemerintahan Jokowi-JK. Dalam sebuah kesempatan, Mendikbud Muhadjir Effendi memaparkan sejumlah keberhasilan kinerja yang dicapai kementeriannya selama tiga tahun terakhir.

Diantara keberhasilan yang dicapai, lanjut Mendikbud, yakni adanya revitalisasi 132 museum, 57 cagar budaya, dan 34 taman budaya. Selain itu terdapat pula pembangunan 31 museum, serta fasilitasi 1.115 komunitas budaya dan 1.083 sarana kesenian.

"Upaya membangun dari pinggiran tidak hanya dilakukan dengan pembangunan infrastruktur fisik saja, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan upaya revitalisasi 352 desa adat," ujar Mendikbud.

Muhadjir menambahkan, ada sekitar 2.829 warisan budaya takbenda telah ditetapkan selama tiga tahun terakhir. Totalnya, tercatat sebanyak 7.799 warisan budaya takbenda yang ditetapkan pemerintah pusat berdasarkan usulan dari pemerintah daerah.

Terkait upaya pelestarian cagar budaya, sampai saat ini Kemendikbud telah mencatat sebanyak 59.509 cagar budaya di seluruh Indonesia. Sedangkan upaya mendekatkan kebudayaan nasional Indonesia kepada generasi muda dilakukan melalui program Belajar Bersama Maestro (BBM) yang telah memfasilitasi 574 anak.