KPAI Imbau Mahasiswa Aktif Ambil Peran Lindungi Anak-Anak

MONITOR, Jakarta – Perlindungan terhadap anak merupakan tanggung jawab bersama. Hal demikian diungkapkan Wakil Ketua Jenderal Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Rita Pranawati, saat mengisi seminar di Kampus FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Rita menyatakan, setiap orang berhak memberikan perlindungan termasuk mahasiswa yang tengah duduk di perguruan tinggi. Menurutnya, tanggungjawab ini bisa juga dilakukan para mahasiswa yang mengambil studi kesejahteraan sosial, ataupun program studi lainnya yang andil menjadi pekerja sosial.

"Di FISIP UMJ misalnya, ada jurusan ilmu komunikasi kemudian bekerja di media misalnya. Nah bagaimana dia dalam hal perspektif media juga harus dapat karena pemberitaannya akan seperti apa untuk isu perlindungan anak termasuk ketika memperkerjakan anak untuk tayangan-tayangan media misalnya," ujar Rita kepada para mahasiswa, Kamis (5/5).

Lebih jauh, Rita mengatakan mahasiswa selayaknya bisa berperan untuk menjadi pilar perlindungan bagi anak-anak Indonesia. Peran ini, dikatakan Rita, bisa dilakukan sesuai disiplin ilmu masing-masing.

"Jurusan hukum dengan kebijakan atau legislasi tentang anak, kedokteran dengan bagaimana dia memberikan pelayanan terbaik untuk anak," tuturnya.