Ki Manteb Soedharsono Kembali Mendapat Penghargaan Dunia

MONITOR, Surakarta – Ki Manteb Soedharsono, dalang senior asal Karanganyar, Jawa Tengah kembali diakui dunia atas kiprahnya di dunia pewayangan. Beliau diberi Penghargaan Remarkable of Contributions Certificate atas kontribusinya di dunia wayang dari UNIMA (Union Internationale de la Marionnette – International Puppetry Association).

“Menerima penghargaan seperti ini merupakan kebahagiaan bagi saya, juga merupakan tantangan bagi seorang Manteb,” kata Ki Manteb seusai menerima penghargaan.

“Ini tantangan bagi saya untuk terus berkarya, untuk terus meningkatkan kualitas mendalang saya, untuk terus melestarikan dan mengenalkan wayang,” lanjutnya.

Penghargaan diserahkan di kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Senin (3/7/2017) malam. Penyerahan sertifikat diberikan oleh Presiden Union Internationale de Marionnette (UNIMA) Indonesia, Samudra Wijaya dan diterima langsung oleh Ki Manteb Soedharsono.

"Penghargaan ini diberikan atas kontribusi luar biasa Ki Manteb  di dunia wayang," kata Samudra dalam sambutannya.

"Ini merupakan penghargaan kelas dunia, pengakuan dunia atas kontribusi Ki Manteb  di dunia wayang," imbuhnya.

Dengan penghargaan ini, harapan Samudra, Ki Manteb  bisa lebih bersemangat dalam menjaga warisan luhur berupa wayang. Samudra mengatakan penghargaan ini diberikan kepada dalang kondang yang sudah senior dan masih aktif berkarya.

“Pemilihan ini dilakukan saat festival wayang dunia dan Ki Manteb  akhirnya terpilih mendapatkan Remarkable of Contributions Certificate yang diputuskan oleh juri dari 17 negara,” terangnya.
Ki Manteb  menyatakan ini merupakan kali ketiga ia mendapatkan penghargaan dari dunia Internasional.

“Yang pertama dari UNESCO, NIKKEI dari Jepang dan dari UNIMA ini,” kata dalang 69 tahun tersebut.