Ketua Gerakan Kebangkitan Bangsa Kepri Ajak Warga Perkuat Islam Nusantara

Ketua Gerakan Kebangkitan Bangsa (GKB) Provinsi Kepri Abdul Basyid Has (dok: istimewa)

MONITOR, Batam – Ketua Gerakan Kebangkitan Bangsa (GKB) Provinsi Kepri Abdul Basyid Has mengajak seluruh umat Islam di Kepri untuk untuk memperkuat Islam Nusantara yang sudah menjadi budaya di sebagian keluarga besar di negeri ini. Menurutnya, Islam nusantara adalah khazanah kekayaan bangsa, yang idealnya diperkuat oleh semua komponen bangsa untuk menangkal ancaman faham radikal dan ideologi negara trans-nasional.

Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kepulauan Riau (Kepri) ini juga mengatakan, Islam bisa berkembang dengan rukun damai dan bisa secara luas diterima masyarakat karena pendekatan budaya lokal sebagai pemahaman keagamaan.

“Islam Nusantara hadir sebagai ideologi yang menjunjung tinggi nilai-nilai ahlussunnah wal jamaah dan mengedepankan toleransi serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa demi tegaknya NKRI di bumi Indonesia,” ujar calon anggota DPR RI dari PKB dapil Kepri ini, Rabu (18/7).

Selain itu, pria yang cukup lama malang melintang di organisasi NU ini juga menyampaikan bahwa Islam Nusantara akan mampu meredam aksi terorisme di Indonesia. Karena pendekatan dakwah Islam Nusantara adalah soft atau halus.

Basyid pun berharap, Kepri menjadi yang terdepan dalam pemberantasan terorisme dan bebas dari radikalisme.

“Di sini, apalagi di Batam, penduduknya heterogen. Kedamaian, kerukunan dan saling menghargai adalah utama. Jadi mengedepankan sikap toleran atas perbedaan dan bisa menikmati hidup beragam dan berwarna menjadi penting. Saya sendiri akan mengawal soal itu. Bagaimana Kepri dan Batam menjadi daerah maju yang damai dan nyaman,” pungkasnya.