Keren, Mahasiswa ITB Ciptakan Pembalut Pendeteksi Kanker

Mahasiswa Institut Teknologi Bandung ( ITB), Hibar Syahrul Gafur (Foto: Dok Grid.id)

MONITOR, Jakarta – Mahasiswa Institut Teknologi Bandung ( ITB) berhasil meraih juara 1 ajang Kino Youth Innovator Award (KYIA) 2018. Ia berhasil menciptakan pembalut pendeteksi kanker.

Inovasi pembalut pendeteksi kanker ini diciptakan oleh Hibar Syahrul Gafur. Hibar sendiri merupakan seorang mahasiswa jurusan Manajemen Rekayasa Industri, Fakultas Teknologi Industri (FTI).

Pembalut pendeteksi kanker yang diberi nama ‘Her Pads’ ini diciptakan oleh Hibar karena terinspirasi oleh sang ibu yang merupakan seorang pasien kanker serviks dulunya.

Dengan produk yang diciptakannya, ia harap bisa menjadi alat peringatan dini kanker srviks, sehingga pasien kanker serviks tidak terlambat mendapatkan penanganan.

Produk inovasi garapannya tersebut berhasil memenangkan kompetisi yang diselenggarakan PT. Kino Indonesia Tbk dengan tema ‘Empower Life through Nature: Leveraging Indonesian Natural Resources for Sustainable Development in Harmonious with Current Trend’.

Hibar bahkan menjadi peserta paling muda di babak final. Dia merupakan mahasiswa tingkat dua, sedangkan peserta lainnya adalah mayoritas mahasiswa tingkat akhir. Rupanya, produk ini bukan satu-satunya inovasi yang ia ciptakan.

Hibar bahkan pernah menciptakan sepatu listrik anti pelecehan seksual yang kemudian ia mendapat medali emas kategori Safety and Health dalam kompetisi Internasional Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2013 di Malaysia.

Hibar berharap agar produk inovasi pembalut pendeteksi kanker serviks tersebut bisa segera di rasakan oleh masyarakat internasional.