Kemenag Lepas 4.486 Jemaah Haji Kloter Pertama Pagi Ini

Kemenag melepas ribuan jamaah haji kloter pertama (dok: Rangga Monitor)

MONITOR, Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) melepas 4.489 orang jemaah haji kloter pertama. Jemaah tersebut akan diterbangkan melalui Lanud Halim Perdana Kusuma dengan 11 embarkasi, pagi ini pukul 09.00 WIB.

“393 orang untuk kloter Jakarta. Tapi ya untuk hari pertama jemaah haji Indonesia total 4.486 orang seluruh Indonesia di 11 embarkasi,” kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Nizar Ali di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Senin (16/7).

Ia mengungkapkan, tidak ada jemaah yang ditunda keberangkatannya karena alasan kesehatan dalam pemberangkatan jemaah haji kloter pertama ini. Artinya, Nizar melanjutkan, sejumlah jemaah haji tersebut sudah tak bermasalah terkait persyaratan haji.

“Kalau sudah didorong di embarkasi jelas sudah tidak ada kendalanya. Artinya dari Kemenag dan Kemenkes itu kan sudah (tidak ada masalah),“ ujarnya.

Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher Parasong turut melepas jamaah haji kloter pertama (dok: Rangga Monitor)

Sementara itu, Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher juga mengapresiasi kinerja dari pihak-pihak yang terkait pada keberangkatan kloter pertama jemaah haji ini.

“Atas nama DPR memberi penghargaan yang luar biasa kepada seluruh pendukung baik itu Kemenag, Kemenkes, dan Kemenhub beserta seluruh mitra yang bekerja sebaik-baiknya, dan persiapan administratif berjalan dengan bagus,” sebut Ali.