Rokhmin Dahuri : Islam sebagai Pedoman Hidup

MONITOR, Kampar – Wakil Ketua Pengurus Pusat Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), Prof. DR. Ir. Rokhmin Dahuri, MS menyampaikan tausiyah menjelang shalat tarawih berjamaah di Masjid Al-Ihsan Islamic Centre, Kabupaten Kampar, Riau, Selasa (12/6/2018).

Dalam pesannya, Guru Besar IPB dan Pakar Kelautan tersebut mengajak umat muslim menjadikan Islam sebagai pedoman hidup dalam meraih kebagahiaan dan kesuksesan baik di dunia maupun di akhirat dengan cara bertaqwa yaitu menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya.

“Betapa beruntungnya kita menjadi seorang muslim, karena agama islam yang kita anut merupakan pedoman yang mengatur hidup manusia dari berbagai hal sebagaimana yang tercantum dalam Al-Qur’an,” ujarnya.

Menurut Prof Rokhmin, Islam adalah agama sempurna dan paripurna. Dalam Islam, Allah SWT telah menciptakan manusia berikut dunia yang kita tempati saat ini adalah merupakan satu kesatuan kehidupan yang utuh dengan pedoman Al-Qur’an dan Hadist yang mengatur secara detail bagaimana kita menjalankan hidup sehingga menciptakan keseimbangan bagi alam semesta.

“Sebagai contoh, dalam sebuah buku berjudul ‘World Without Islam’ dituliskan bagaimana islam memberikan kontribusi peradaban kehidupan manusia dengan pedoman Al-Qur’an seperti bagaimana cara bersuci, menjaga lingkungan, bersosialisasi termasuk bernegara dan lain-lain telah diatur oleh Allah SWT sang pencipta alam semesta,” ungkapnya.

Prof Rokhmin menambahkan bahwa dalam Islam, tidak ada kehidupan di alam semesta ini yang berdiri sendiri ataupun ujug-ujug.

“Hanya saja kita sebagai umat muslim karena terlalu disibukkan dengan urusan duniawi seringkali lupa bahwa agama kita telah mengatur banyak hal dalam kehidupan ini sehingga kita seringkali berbuat salah, berbuat tidak adil, menghalalkan segala cara untuk meraih atau mendapatkan sesuatu,” ujarnya.

Untuk itu Prof Rokhmin mengajak umat muslim untuk kembali kepada islam dan menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup dengan cara bertaqwa kepada Allah SWT sebagai kunci kebahagiaan dan kesuksesan hidup baik di dunia maupun di akhirat.

““Baik secara teologis maupun rasional, Orang yang beriman dan taqwa kepada Sang Penciptanya dipastikan hidupnya akan sukses dan bahagia,” tandasnya.

Untuk mendengarkan ceramah lengkap Prof. DR. Ir. Rokhmin Dahuri bisa diakses melalui laman Facebook Fanpage ‘Masjid Al-Ihsan Markaz Islamy Kab. Kampar’ dibawah ini :

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=473300829772141&id=408455476256677