Pemberangkatan Jemaah Haji Embarkasi Lombok Tak Terkendala

Jemaah Haji Asal Indonesia (Dok. Kemenag.go.id)

MONITOR, Jakarta – Gempa berkekuatan 7 SR yang mempora-porandakan Lombok, Nusa Tenggara Barat dipastikan tidak menghambat pemberangkatan calon jemaah haji asal Embarkasi Lombok. Itu dikemukakan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Jakarta, Senin (6/8) kemarin.

“Ya Alhamdulillah sebagian besar jemaah haji NTB telah berangkat ke tanah suci. Tinggal beberapa saja yang itu masuk dalam embarkasi gabungan,” katanya.

Embarkasi Lombok merupakan salah satu dari 13 Embarkasi yang ada di Indonesia. Berdasarkan data pada Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), pada tahun 1439 H / 2018 M terdapat 4511 jemaah haji yang diberangkatkan dari Embarkasi Lombok.

Sebanyak 4500 jemaah haji asal NTB yang tergabung dalam 10 kloter  telah diberangkatkan ke Tanah Suci sejak 17 Juli hingga 1 Agustus 2018. Masih ada sebelas jemaah yang akan diberangkatkan dalam kloter gabungan pada pertengahan Agustus ini.

Menag mengaku telah menginstruksikan kepada Kepala Kanwil Kemenag Provinsi NTB untuk mengawal pemberangkatan sebelas jemaah haji yang tersisa dari Embarkasi Lombok.  “Agar mereka betul-betul bisa berangkat sesuai dengan jadwal keberangkatan mereka, tanpa terkendala dengan adanya gempa semalam ini,” pungkas Menag.