KBRI Alger Populerkan Musik Gamelan di Pentas Internasional

KBRIKJRI Alger mempopulerkan pagelaran musik gamelan pada acara pameran "La Raute De La Soie Et Du Savoir" (dok: istimewa)

MONITOR, Alger – KBRI Alger, Aljazair, yang dipimpin oleh Duta Besar Luar Biasa Dan Berkuasa Penuh (LBBP), Safira Machrusah mempopulerkan musik gamelan pada acara pameran “La Raute De La Soie Et Du Savoir” (Jalan Sutra dan Ilmu Pengetahuan).

Dalam sambutannya, Dubes Safira menyampaikan pesan-pesan perdamaian dan sejarah masuknya Islam ke Indonesia melalui seni bukan perang.

Penampilan seni gamelan di KBRI Alger, Aljazair (dok: istimewa)

“Musik gamelan ini adalah salah satu sarana dakwah pada awal mula penyebaran Islam di Indonesia,” ungkap Safira di lokasi, Rabu (6/6).

Acara ini berlangsung mulai tengah malam hingga dini hari. Kegiatannya berlangsung sangat meriah, dan disambut antusias oleh berbagai tamu yang hadir diantaranya beberapa diplomat dari berbagai negara sahabat.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Kegiatan, Madam Zafira Yaccef mengungkapkan kekagumannya atas penampilan seni gamelan yang disuguhkan.

Mahasiswa Indonesia yang kuliah di Aljazair menikmati pagelaran musik gamelan di pameran “La Raute De La Soie Et Du Savoir” (dok:istimewa)

“Penampilan yang sangat memukau, dari sekian banyak penampilan dari mulai hari pertama kegiatan, inilah yang membuat saya kagum,” ujar Zafira dalam bahasa Prancis.

Zafira  yang merupakan pelukis ini mengatakan, dirinya sangat terkesan dan takjub akan bait-bait sholawat yang dibalut dengan musik tradisional, sehingga baginya terdengar sangat indah.

Jamkrindo-Jaminan Kredit Indonesia