Kampus Ini Menggunakan QR Code Sebagai Sistem Absen, Warganet Malah Beri Komentar Lucu

MONITOR, Jakarta – Absen merupakan catatan dari kehadiran yang biasa dipakai sebagai alat untuk mencatat kehadiran seseorang, entah itu di perusahaan, sekolah, universitas, atau tempat instasi lainnya. Biasanya pengabsenan yang dilakukan hanya menggunakan catatan di kertas dan pulpen, ada juga yang menggunakan finger print, suara, sampai wajah.

Uniknya ada salah satu Universitas di Malaysia yang kampusnya menerapkan sistem absensi bagi mahasiswanya viral di media sosial, sistem absensi menggunakan QR Code yang nantinya di scan oleh mahasiswa sebagai tanda kehadiran. Sistem ini dianggap dapat mencegah mahasiswa menitip absen.

Seperti dikutip dari laman Brilio, bahkan banyak mahasiswa di Malaysia yang membuat video saat mereka sedang absen dengan QR Code.

Semenjak viral di negri jiran, sistem anti titip absen itupun ramai menjadi perbincangan warganet di Indonesia.

Sistem absen tersebut mendapat bergam respon dari mulai yang kocak hingga serius, bahkan ada yang mengajari agar bisa tetap titip absen walaupun bolos ngampus.

 

UNIMAS pun sama awak. Hihi. pic.twitter.com/lBdCb2aNGR

— Nurul Athirah (@Tira_Abu) January 23, 2018

sumber video: (@Tira_Abu)

 

"Ambil foto, kirim ke temen via line, buka line, pilih menu scan barcode, trus scan barcode from file. Done deh absen dr rumah" tulis @yusufdenhas

"mahasiswa pinter ngakalin" tulis @sucimiftahLah

"Kampusku pake fingerprint, jadi dateng cepet gak usah bawa tas. Abis absen langsung ijin ke kamar mandi, kamar mandi kos," tulis @rosiedihsani

"Masih bisa di akalin. Kecuali pake sidik jari, yakali nitip jempol buat absen doang..," tulis @ilham98s

"ajamil Kalo lu gahadir tapi hp lu hadir, ga kelar hiduplu 😂😂😂" tulis @ahmadmustop