Ikalum FISIP UMJ Dorong Optimalisasi Peran Alumni

MONITOR, Jakarta – Ikatan Alumni (Ikalum) FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta menggelar Musyawarah Besar di Gedung FISIP UMJ, Minggu (26/11) lalu. Dalam momen tersebut, Dr. Izzudin, M.Pd terpilih sebagai Ketua Umum Ikalum FISIP UMJ periode 2017-2021.

Kepala BKD Provinsi DKI Jakarta, Prof. Dr. H. Agus Suradika yang merupakan Ketua Ikalum FISIP sebelumnya memberikan ucapan selamat. Di hadapan para alumni, ia berpesan agar seluruh pengurus yang memiliki komitmen harus saling bersinergi membesarkan Ikalum FISIP UMJ agar menjadi fakultas yang diperhitungkan dan menjadi pilihan masyarakat dalam mendidik anak anak bangsa.

Selanjutnya, Ir. Darwis, SH selaku Wakil Ketua Umum Ikalum UMJ membuka rangkaian agenda dengan memaparkan semua karya nyata alumni terhadap UMJ, disertai program dan langkah-langkah organisasi Ikalum agar bisa membawa nama baik UMJ di kancah nasional.

Sementara itu, Dr. Ma'mun Murod Al-Barbasy, M.Si selaku Wadek 1 FISIP UMJ menyambut positif atas terselenggaranya Mubes Ikalum. "Kehadiran alumni menunjukkan wujud kecintaan alumni terhadap almamater dan sinergisitas alumni dengan fakultas, terutama dalam hal memberdayakan alumni," ujarnya saat memberikan sambutan.

Senada dengan civitas akademika, Ketua Panitia Chairun Djamil, S.IP mengatakan bahwa Mubes Ikalum FISIP UMJ dilaksanakan sebagai wadah regenerasi organisasi alumni empat tahunan. Tujuannya, kata dia, untuk memilih kepengurusan  baru, sekaligus sebagai ajang silaturrahim alumni lintas generasi di kampus tercinta.

Djoni Gunanto, M.Si yang merupakan Sekretaris Panitia pun menegaskan, Ikalum FISIP UMJ merupakan wadah berhimpun alumni dalam berkarya nyata dan melakukan transformasi sosial. Selain itu, ia mendorong optimalisasi peran para alumni.

"Sehingga bisa berkontribusi positif memperbaiki kondisi kebangsaan sehingga terwujud masyarakat berkemajuan dengan spirit aktualisasi nilai-nilai Islam dalam berbangsa dan bernegara," ujar Dosen Ilmu Politik FISIP UMJ.

Perlu diketahui, Mubes yang mengusung tema "Revitalisasi dan Optimalisasi Peran Ikalum FISIP UMJ untuk Masyarakat Berkemajuan" dihadiri oleh alumni lintas generasi.

Ketua Umum Ikalum FISIP UMJ terpilih Dr. Izzudin, M. Pd diamanahi untuk masa bakti 2017-2021. Ia merupakan alumni angkatan 1987. Pada kesempatan itu, ia menekankan perlunya kerjasama semua komponen alumni untuk berkarya nyata sehingga bisa membawa kemajuan bukan hanya bagi kampus, tapi juga bagi alumni dan masyarakat.