Girangnya Pelajar di Kabupaten Seram usai Terima KIP dari Presiden

MONITOR, Seram – Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang telah diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kabupaten Seram, Maluku, Kamis (15/2) tak hanya membuat keluarga yang tidak mampu merasa senang dan terbantu. Melainkan, para siswa juga sangat antusias serta bersyukur menerima bantuan tersebut.

Usai acara pemberian KIP oleh Presiden, Zefa Sariale siswa SD Negeri 2 Kairatu, menyampaikan rasa senangnya sebagai salah satu penerima manfaat Program Indonesia Pintar (PIP). Dana yang diberikan ini, katanya, sangat membantu memenuhi kebutuhan sekolahnya.

“Saya akan gunakan bantuan ini untuk membeli peralatan sekolah yang sudah mulai rusak, seperti tas,” ujar Zefa, yang mempunyai Bapak seorang petani dan Ibu yang bekerja sebagai buruh.

Tidak hanya Zefa, hal serupa juga diungkapkan Yongki Kakay, siswa SMA Negeri 3 Taniwel. Ia mengakui bahwa PIP ini sangat bermanfaat bagi dirinya yang sudah tidak memiliki orang tua.

“Saya tinggal sama kakak saya, dan dengan adanya PIP ini sangat membantu sekali. Saya akan manfaatkan betul KIP ini untuk mendukung keperluan sekolah,” pungkasnya.

Dalam acara ini, turut hadir dari jajaran Kemendikbud, yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, Direktur Pembinaan SMP Supriano, dan Staf Khusus Mendikbud Bidang Monitoring Implementasi Kebijakan Alpha Amirrachman.