Dua Perempuan Menangis Haru saat Mentan Sedekahkan Gaji

MONITOR, Ciamis – Ada rasa haru tatkala sosok Andi Amran Sulaeman yang merupakan Menteri Pertanian RI menyedekahkan satu bulan gajinya kepada dua orang perempuan paruh baya di desa Madanglayang, kecamatan Panumbangan, kabupaten Ciamis. Kedua perempuan yang bermata pencaharian sebagai petani itu tak kuasa menahan air mata bahagia.

"Alhamdulillah.. Alhamdulillah.. Alhamdulillah..," demikian pekik ibu Jariah dan ibu Dede saat menerima bantuan tersebut di acara 'Panen Padi, Percepatan Tanam, Serap Gabah dan Launching Kartu Tani'.

Dua perempuan yang sehari-harinya bertani dan mengurusi pekerjaan rumah tangga ini, masing-masing menerima separuh dari gaji sebulan Mentan. Sembari menggendong sang buah hati, Jariah mengaku tak menyangka dirinya bakal mendapatkan rejeki dari sang menteri.

Sementara itu, Mentan Amran menuturkan dirinya bahagia bisa berbagi rizkinya dengan rakyat kecil. Ia pun mengaku teringat sosok ibu kandungnya.

"Saya terharu dengan ibu yang menggendong anak. Jadi ingat ibu saya, kami 12 bersaudara," ujar Menteri Amran. "Dipakai ya bu. Itu rejeki dari hamba Allah," pintanya.

Perlu diketahui, aksi Andi Amran membagikan gaji bulanan bukanlah kali pertama. Sebab terhitung sejak bulan Agustus hingga Oktober, ia sudah 5 kali membagikan gajinya sebagai Mènteri.

Pertama, ketika menyambut hari kemerdekaan dalam acara lomba yang diikuti petugas cleaning service dan tukang kebun, Mentan membagikan 2 bulan gaji. Dilanjutkan saat acara olah raga bersama karyawan Badan Litbang Bogor, saat itu Mentan juga membagikan satu bulan gaji kepada petugas security.

Apresiasi Mentan juga muncul saat acara TMMD ketika ditayangkan foto "Prajurit TNI Darwis" yang bergelantungan di kabel sling, membantu menyeberangkan anak-anak yang akan berangkat sekolah. Bàntuan langsung diberikan pada acara Kuliah Umum di Universitas Hasanuddin Makasar bulan September 2017 lalu.