Dekat dengan Ulama, Sejumlah Kalangan Sanjung Sikap Kapolri

MONITOR Jakarta – Langkah Kapolri Tito Jenderal Pol Tito Karnavian yang banyak menghadiri kegiatan keagamaan dengan para ulama baik di pusat maupun di daerah, mendapat apresiasi dari Sekertaris Jenderal Forum Umat Islam  (FUI) Muhammad Al-Khaththat.

Menurut Al-Khathathat, Kehadiran Tito dalam majelis dzikir, pengajian dan dekat dengan ulama seperti merupakan kegiatan positif dan tentu akan baik jika hal sama diikuti juga oleh instansi-instasi pemerintahan di republik ini.

"Itu langkah yang bagus dan harus diacungi jempol, yang mana institusi kepolisian sudah mau mendekati ulama,"ujar Al-Khaththat kepada wartawan hari ini (7/3).

Al-Khaththat, yang pernah berurusan dengan pihak kepolisian  karena tudingan makar ini berharap, kegiatan yang dilakukan Kapolri ini jangan hanya jadi stempel saja. Melainkan harus disertai dengan adanya nilai-nilai positif yang bisa berguna bagi bangsa dan negara.

“Nilai-nilai positif itu antara lain, saat dekat dengan ulama Kapolri harus bisa menyerap ilmunya. Ilmu itu tidak lain adala ilmu yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Tanpa mengambil ilmu ulama tersebut, semuanya akan sia-sia,” ujarnya.

Sementara Ustadz Syamsuddin, ketua Forum Santri Jabodetabek menyambut baik kabar adanya bantuan dari Kapolri untuk rakyat Yaman yang sedang dilanda perang saudara.

Syamsuddin menilai aksi simpatik Kapolri tersebut bukan semata aksi kemanusiaan tetapi memang memberi pesan, jangan sampai Indonesia menjadi seperti Yaman apalagi seperti Suriah, Afghanistan dan negara yang pecah lainnya.

“Perhatian Kapolri untuk persatuan dan kesatuan bangsa ini luar biasa serius. Inti dari persatuan ada pada ummat Islam. Jangan sampai ummat yang besar ini pecah hanya karena perbedaan pandangan dan cara memajukan bangsa,” ujarnya.

Diketahui Kapolri memang berpartisipasi dan membantu donasi Gerakan 3000 Tangki Air untuk Yaman yang merupakan bagian dari aksi solidaritas Indonesia Peduli Yaman melalui Yayasan Syeikh Ali Jaber. Ucapan terimakasih dari Yayasan Syeikh Ali Jaber terlihat muncul di sosial media dan mendapat apresiasi positif.