Angkat Daya Saing dan Marwah Madrasah Lewat Kompetisi Robotik

MONITOR Jakarta – Salah satu rangkaian kegiatan 4 hari International Islamic Education Expo (IIEE) atau Expo Internasional Pendidikan Islam adalah Kompetisi Robotik Madrasah yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Tangerang Selatan Banten.

Kegiatan Kompetisi Robotik ini merupakan tahun ketiga setelah dilaksanakan berturut-turut sejak tahun 2015 dan merupakan bagian tak terpisahkan dari Eskpo Pendidikan Islam.

Menurut ketua panitia Kompetisi Robotik Madrasah, A. Umar, tujuan dari kegiatan ini guna mempromosikan bahwa pendidikan Islam di Indonesia, termasuk pendidikan dasar madrasah, tidak anti pada teknologi.

"Banyak siswa-siswi madrasah yang memiliki bakat dan minat di bidang robotik dan bahkan sudah banyak pula yang sampai menjuarai robotik di tingkat internasional. Ini menunjukkan bahwa pendidikan Islam di Indonesia juga memiliki kualitas dunia," ujarnya pada MONITOR, Kamis (23/11).

Ini sesuai dengan harapan dari Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI selaku penyelenggara kompetisi Robotik Madrasah ini. Dimana dengan kegiatan kompetisi ini mampu menghasilkan siswa-siswi madrasah yang memiliki kemampuan di bidang robotik berkelas dunia.

Selain itu, kompetisi Robotik Madrasah juga diharapkan bisa meningkatkan daya saing dan mengangkat marwah madrasah. Adapun peserta dari kompetisi ini diikuti oleh 166 siswa-siswi madrasah atau 83 tim dari sejumlah propinsi di Indonesia.