ICMI : Bagi Umat Islam Indonesia Pancasila dan NKRI adalah Final

Silaturahim dan halal bihalal ICMI bertajuk "Islam Perekat Nusantara" di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Kamis (26/7/2018).

MONITOR, Jakarta – Islam sebagai agama merupakan pedoman hidup dari Allah SWT. Islam adalah jalan keselamatan yang berisi tuntunan hidup tidak hanya soal hubungan antar manusia dengan Tuhannya, melainkan juga hubungan antar sesama umat manusia dalam lingkup terkecil keluarga hingga sistem kenegaraan.

Demikian dikatakan wakil ketua Pengurus Pusat Ikatan Cendikian Muslim Indonesia (ICMI), Prof. Rokhmin Dahuri saat memberikan pandangan tentang Islam dan Negara dalam acara silaturahim dan halal bihalal ICMI bertajuk “Islam Perekat Nusantara” di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Kamis (26/7/2018).

“Kalau dilaksanakan secara kaffah dan itibba. Maka, bukan hanya mampu merekat kehidupan harmonis di NKRI, tetapi juga di dunia,” ujar Guru Besar Ilmu Kelautan IPB tersebut.

Prof Rokhmin menegaskan bahwa tidak ada pertentangan antara Islam dengan ideologi Pancasila. Untuk itu menurut mantan menteri kelautan dan perikanan tersebut, tidak benar jika masih saja ada yang memposisikan pancasila seolah-olah tidak sesuai dengan Islam.

“Islam sangat compatible dengan Pancasila. Bagi umat Islam Indonesia, Pancasila dan NKRI adalah final,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Prof Rokhmin mengajak semua eleman bangsa untuk memegang teguh prinsip dan ideologi kebangsaan sebagai jalan tengah ibarat piagam madinah.

“Ibarat piagam madinah, Islam akan menghantarkan manusia hidup sukses serta bahagia di dunia dan akhirat. Islam menjadi rahmat bukan hanya bagi muslim, tetapi juga umat lain dan seluruh alam,” tandasnya.

Advertisementdiskusi publik wagub dki