Video: Jaguar Kenalkan “Mobil Listrik Tercantik di Dunia”

MONITOR – Produsen mobil kenamaan, Jaguar telah meluncurkan mobil berdaya batre bernama E-type Zero yang mereka sebut sebagai "mobil listrik terindah di dunia".

Jaguar, yang dikenal sebagai produsen mobil mewah itu sebelumnya telah menciptakan tipe E, yang menjadi pembeda dari E-type Zero yakni menjadi besutan pertama yang menggunakan bahan bakar listrik atau baterai.

Jaguar sendiri yang menyebut model baru itu sebagai mobil listrik terindah di dunia, dengan klaim bahwa dahulu kata-kata tersebut muncul dari pembalap legendaris Italia Enzo Ferrari yang konon memuji tipe E sebagai "mobil terindah yang pernah dibuat".

<iframe width=”660″ height=”371″ src=”https://www.youtube.com/embed/PnPArmzTSjw” frameborder=”0″ allowfullscreen></iframe>

Produk baru Jaguar ini diilhami dari desain legendarisnya pada Seri 1.5 E-type Roadster yang mulanya dilengkapi dengan mesin 6 silinder XK. Sedang tipe kali ini, dilengkapi dengan baterai yang mampu menggerakkan motor listrik hingga 220 kilowat atau setara dengan 295 tenaga kuda.

Pihak jaguar mengatakan, dengan bekal baterai lithium 40 kilowat mobil tersebut mampu menempuh jarak 270 km dalam sekali charge, waktu isi ulang batrei membutuhkan 6 sampai 7 jam. Untuk kecepatannya, E-type Zero dapat mencapai 100 km/jam hanya dalam waktu 5,5 detik.

E-type Zero dikenalkan ke publik sesaat setelah perusahaan tersebut mengumumkan janji kepada konsumennya tentang produksi mobil listrik atau hybrid di tahun 2020 mendatang. Sedang pesaingnya, yakni BMW berencana untuk memproduksi 12 model mobil listrik pada 2025 nanti.