Untuk Para Wanita, Berikut Faktor Penyebab Selaput Dara yang Robek

MONITOR, Jakarta – Selaput dara merupakan jaringan kulit sangat tipis yang melapisi vagina, umumnya selaput dara memiliki besaran selebar ukuran jari, namun tidak semua bukaan selaput yang dimiliki setiap wanita sama ada yang seperti injakan tangga, lubang donat bahkan berbentuk seperti lubang-lubang kecil, bahkan ada wanita yang lahir tanpa selaput dara dalam vagina mereka.

Selaput darah sangat identik dengan keperawanan seorang wanita, dimana masih banyak orang yang berfikir jika selaput daranya sudah robek menandakan bahwa si wanita itu sudah tidak perawan dan sudah pernah melakukan hubungan seksual.

Padahal, dilansir dari hellosehat nyatanya ada beberapa faktor yang menyebabkan selaput darah wanita robek dan penyebab robeknya selaput dara tanpa hubungan seks.

1. Kecelakaan atau cidera

Beberapa penelitian menyebutkan jika robeknya selaput bisa terjadi karena kecelakaan atau cidera dan membuat daerah kewanitaan terluka. Kecelakaan bisa terjadi saat seorang wanita masih kecil atau ketika ia remaja.

2. Bersepeda atau berkuda

Wanita yang gemar melakukan aktivitas bersepeda, berkuda, senam atau berenang dan banyak menggerakkan kaki, ia akan rentan memiliki selaput dara yang pecah atau robek. Beberapa penelitian menemukan jika aktivitas seperti berkuda dan bersepeda adalah aktivitas yang memudahkan robeknya selaput dara.

3. Penggunaan alat medis tertentu saat memeriksakan organ intim

Memasukkan alat medis tertentu ke dalam organ intim sebelum menikah atau berhubungan intim karena pemeriksaan organ intim juga dikatakan sebagai penyebab utama robeknya selaput dara. Meski alat medis tersebut sangat kecil, ketika ia dimasukkan ke dalam organ intim dan mengenai selaput dara, hal ini akan memicu robeknya selaput dara. Selain alat medis, beberapa benda yang dengan sengaja di masukkan ke dalam organ intim juga akan membuat selaput dara robek.

4. Latihan peregangan yang berat

Ketika seorang wanita melakukan pelatihan peregangan yang berat, hal ini juga akan menjadi penyebab robeknya selaput dara. Pada dasarnya, selaput dara setiap tidak sama. Ada yang sangat tipis dan mudah robek, ada pula yang cukup tebal dan sangat sulit untuk robek.