Liburan Irit Ala Mahasiswa, ‘Why Not?’

sumber:pixabay.com, ktphotography
sumber: pixabay.com, ktphotography

MONITOR – Mahasiswa terkadang juga bisa stress karena tugas yang menumpuk atau skripsi yang penuh revisi. Kepenatan tersebut akan semakin parah jika tidak kamu tangani dan terus berkutat dengan revisian saja. Sekali-kali, gunakan waktu senggangmu untuk berlibur deh. Tak perlu ke tempat yang terlalu jauh dan mahal, ke kota terdekat saja sudah bisa membuat otakmu kembali refresh dan bisa fokus belajar lagi.

Kata siapa liburan itu harus mewah dan menghabiskan uang yang banyak? Dengan budget minim saja sebenarnya sudah bisa berlibur kok. Berikut tips untuk kamu yang ingin liburan dengan budget irit ala mahasiswa.

Perbanyak Mencari Tiket Promo

Jika kamu jeli dan rajin mencari, ada banyak sekali tiket promo yang ditawarkan di berbagai website travel kesayangan. Kamu bisa mencari promo tiket pesawat, tiket kereta api, dan bahkan yang terbaru kamu kini juga bisa mencari tiket bus. Coba buka situs travel seperti traveloka.com, kamu bisa menemukan banyak tiket promo di sana. Pembelian tiket bus juga bisa dilakukan dengan mudah, jadi tak perlu lagi antri ke terminal hanya untuk membeli tiket.

Hitung Budget

Hitunglah budget liburanmu dari awal secara rinci. Berapa budget tiketmu, budget penginapan, makan,

dan lain-lain. Jika kamu memilih untuk liburan yang hemat dan tidak terlalu jauh, tiket bus adalah solusi yang tepat untuk kamu. Dengan menghitung budget dari awal seperti ini, kamu akan mengetahui total kurang lebih pengeluaran kamu. Jadi saat liburan nanti kamu tidak akan kehabisan budget di tengah jalan.

Liburan Ramai-Ramai

Berliburlah dengan teman satu gengmu. Selain karena lebih seru, liburan ramai-ramai nyatanya juga bisa membuat lebih irit lho. Kamu bisa berbagi kamar dengan temanmu, berbagi biaya sewa kendaraan saat liburan, dan juga patungan biaya makan. Setelah kembali dari liburan pun hubungan pertemanan kalian akan semakin rekat.

Hindari Musim Liburan

Musim liburan seperti long weekend dan libur sekolah hanya akan menambah biaya perjalananmu saja. Tiket yang dijual biasanya lebih mahal, tempat wisata juga dipenuhi wisatawan sehingga tidak bisa mengeksplornya dengan nyaman. Selain itu tiket bus biasanya terjual habis saat musim liburan. Sebaliknya, berliburlah saat low season. Biasanya ada banyak promo yang bisa kamu dapatkan di saat tersebut.

Pilih Destinasi Wisata Baru

Biasanya tempat wisata yang baru dibuka akan mengadakan promo gila-gilaan untuk mengenalkan wisata tersebut. Ambillah kesempatan emas ini untuk berlibur dengan irit. Selain lebih murah, wahana serta fasilitasnya juga pasti masih baru dan nyaman.

Itu tadi adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan saat ingin liburan irit ala mahasiswa. Sudah murah, meriah, menyenangkan, lengkap bukan? Kamupun bisa kembali beraktifitas dengan semangat setelah liburan karena stres mu sudah hilang.