Tips Mendapatkan Uang Jajan Tambahan Tanpa Bersusah Payah

MONITOR – Semasa menjadi mahasiswa atau yang saat ini duduk di bangku perkuliahan mungkin pernah merasakan bagaimana menjalani hidup serba pas-pasan di kostan atau rumah kontrakan. Faktanya, fenomena ini hampir dialami oleh semua mahasiswa, terutama bagi kalangan perantau.

Pola hidup hemat kadangkala menjadi suatu pilihan. Jika tidak, maka banyak kebutuhan yang tak tercukupi atau piutang menjadi pilihan pahit.

Nah, bagi mahasiswa tak perlu lagi galau. Berikut ini ada beberapa tips supaya kalian tetap bisa survive menjalani hidup tanpa harus bisa mengandalkan uang jajan dari orang tua.

Pertama, biasakanlah menabung. Meski tidak banyak, namun hal ini bisa menjadikan kalian beruntuk pada hari. Misalkan sedang membutuhkan dana talangan dalam situasi mendadak. Maka hal ini bisa menjadi opsi kalian.

Kedua, belajar memulai bisnis. Tidak ada salahnya jika sedari diri mental kalian dilatih untuk belajar berbisnis atau berwirausaha. Peruntungan tidak harus dilakukan dengan modal yang besar. Misal, untuk mengisi waktu luang mulailah jajakan barang milik kalian ke teman-teman atau lingkungan kalian seperti jualan pulsa, jualan makanan, jasa pengetikan, jasa desain banner dan lain sebagainya.

Ketiga, membuka les privat. Les privat masih banyak diburu kalangan mahasiswa. Umumnya mereka mengambil jam mengajar mata pelajaran siswa SD hingga SMA. Kalau di perkotaan, biasanya banyak warga yang membutuhkan jasa privat baca Al-quran. Nah ini bisa menjadi solusi, hanya dengan meluangkan waktu beberapa jam saja, kalian bisa mendapatkan tambahan uang saku.

Terakhir, mulailah berinvestasi. Investasi bagi sebagian kalangan merupakan hal yang asing dan menakutkan. Tapi jika kalian mengenali dengan baik, investasi adalah jembatan untuk mencapai masa depan kalian. Jika kalian masih kuliah, kalian bisa bertanya-tanya atau berkonsultasi untuk bergabung dalam perusahaan yang bergerak di bidang investasi, deposito atau reksadana.