Tips Makan Mie Instan Sehat dan Tetap Nikmat

MONITOR, Jakarta- Terkenal dengan kekayaan varian rasanya, hingga kini mi instan masih menjadi salah satu menu favorit di Indonesia. Apalagi, Anda bisa mengenyangkan perut tanpa perlu merogoh kocek yang dalam. Sudah enak, harga terjangkau dan mudah dibuat pula.

Namun, yang menjadi kekhawatiran saat mengonsumi mi instan yang merupakan makanan olahan adalah kandungan pengawet dan MSG di dalamnya yang dapat mengancam kesehatan.

Berikut kami hadirkan tips menarik selain menambahkan telur, agar mi instan menjadi lebih sehat untuk dikonsumsi, nikmati dengan cara berikut ini, yuk!

Tidak ada batasan untuk jenis maupun jumlah sayur yang dapat Anda gunakan, jadi Anda bisa berkreasi sebebas-bebasnya. Mau tambah wortel? Boleh! Mau tambah sawi? Tentu boleh juga! Selain membuat mi instan menjadi lebih sehat dan lezat, cara ini dijamin akan membuat perut Anda kenyang lebih lama.

Hayo, siapa yang biasanya langsung makan dua bungkus mi instan sekaligus agar kenyang?. Mi goreng maupun mi rebus, agar nutrisi baik yang terkandung dalam sayuran tetap terjaga, lebih baik rebus sayuran dalam panci terpisah.

1. Konsumi Mi Goreng tanpa Menggunakan
Bumbu Mi Instan.
Demi mengurangi risiko terganggunya
kesehatan karena kandungan MSG dan
bahan lainnya yang tersimpan dalam
bumbu sachet mi instan, lebih baik
tidak usah gunakan bumbunya saja,
yuk! Ada dua pilihan sih, Anda bisa
menggunakan hanya separuh bumbu atau
tidak usah menggunakannya sama
sekali.

Tenang, tidak perlu khawatir mi Anda akan terasa tawar atau hambar. Triknya adalah dengan menggoreng lagi mi instan Anda sebagaimana Anda memasak mi goreng biasa, kwetiauw, atau nasi goreng. Alih-alih menggunakan bumbu yang diberikan, Anda bisa menambah rasa gurih dengan garam, gula, minyak wijen atau tambahan saus tiram maupun teriyaki. Jika Anda adalah penggemar masakan pedas, jangan lupa untuk menambahkan irisan cabai ke dalamnya, ya!

2. Modifikasi Mi Instan Menjadi Sup yang Lezat.
Pernah medengar bahwa air rebusan mi instan tidak sehat karena mengandung residu lilin dan pengawet? Meskipun belum terbukti kebenarannya, tidak ada salahnya menghindari air rebusan mi dan menggantinya dengan kuah yang lebih sehat, kan? Alih-alih menggunakan air mendidih biasa sebagai kuah, Anda bisa menggunakan rebusan kaldu ayam atau kaldu sapi untuk penggantinya, lho!

Bahkan, jika Anda ingin memodifikasinya dengan kuah tom yum pun bisa, kok! Agar mi instan semakin sehat dan lezat, Anda bisa menambahkan berbagai topping seperti telur rebus, sayuran, daging, udang, bakso, jamur, dan masih banyak lagi. Hmm, membayangkannya saja sudah membuat perut terasa keroncongan, nih. Ada yang tertarik untuk mencoba resep-resep ini dalam waktu dekat?