Telat Sahur? Kebut dengan Menu Sehat dan Praktis Berikut Ini

MONITOR –¬†¬†Banyak dari Anda yang pastinya setuju bahwa selama bulan Ramadhan, memilih menu sehat untuk sahur adalah hal utama.

Sebab, makanan di waktu inilah yang menjadi kekuatan Anda selama seharian penuh. Namun, kadang bangun tepat di waktu sahur menjadi tantangan tersendiri buat Anda.

Apa yang biasanya Anda lakukan jika hal ini terjadi? Tentu saja Anda akan secepat mungkin mengkonsumsi makanan yang ada. Namun, sehatkah panganan yang Anda konsumsi saat terburu-buru? Hati-hati! Jika salah makan, bisa-bisa kebutuhan tubuh Anda tidak terpenuhi selama berpuasa.

Yuk simak beberapa menu sehat dan praktis untuk sahur yang dapat Anda konsumsi saat ngebut makan sahur!

1. Telur

Menu sehat dan praktis untuk sahur yang pertama adalah telur. Siapa sih yang meragukan kandungan sehat dari telur? Menu yang satu ini tidak perlu repot-repot Anda masak dengan berbagai bumbu.

Hanya dengan menaburkan garam dan menggorengnya, bahan pangan yang satu ini sudah bisa terasa lezat dalam waktu 2 menit. Konsumsilah 2 butir, dan kandungan proteinnya bisa mmebantu Anda tetap kuat sepanjang hari!

2. Roti dan Selai

Tanpa perlu menyalakan kompor atau microwave, Anda bisa membuat menu praktis yang satu ini. Roti yang terbuat dari gandum utuh mengandung karbohidrat tinggi yang cocok untuk menu sahur.

Kandungan nutrisinya pun luas, mulai dari vitamin B, protein, antioksidan, hingga zat besi dan magnesium yang bagus untuk mempertahankan kesehatan tubuh.

3. Oatmeal

Tak ada yang meragukan bahwa makanan instan yang satu ini bisa mengenyangkan perut, walau Anda hanya mengonsumsinya satu gelas.

Kandungan protein dan karbohidratnya yang tinggi dapat menjadi simpanan energi Anda seharian, selama berpuasa.

4. Pisang

Selanjutnya, menu sehat dan praktis untuk sahur yang dapat Anda siapkan di rumah yaitu buah pisang. Buah yang satu ini dikenal luas sebagai pengenyang perut saat tak ada nasi.

Tak hanya itu, pisang juga kaya akan karbohidrat yang bisa memberikan Anda pasokan energi yang cukup untuk seharian.

5. Kurma

Masih seputar buah, kurma dikatakan baik sebagai makanan untuk sahur maupun berbuka puasa.

Kandungan gulanya yang tinggi membuat kurma berperan sebagai sumber energi instan dan penjaga kadar gula darah yang dapat membekali Anda selama berpuasa.

6. Susu

Terakhir, makanan sehat dan praktis untuk sahur adalah dengan mengkonsumsi susu. Tak hanya panganan, Anda juga bisa menuangkan segelas susu dan menjadikannya menu sampingan dalam sahur yang terburu-buru.

Segelas susu mengandung 122 kalori, 11.49 karbohidrat, dan 8.03 protein yang membantu Anda lebih kuat dalam menjalani puasa hingga adzan Maghrib menjelang. Cocok sebagai pendamping roti atau telur yang sama-sama instan, bukan?

Nah, itu dia tadi 6 makanan sehat dan praktis utuk sahur yang bisa Anda konsumsi saat telat sahur dan harus mengebut waktu.

Meskipun telat, tak berarti asal makan, kan? Semangat berpuasa!

Jamkrindo-Jaminan Kredit Indonesia