Tanaman-tanaman Pengusir Nyamuk

MONITOR, Jakarta – Nyamuk merupakan binatang penghisap darah, itu cara mereka untuk bertahan hidup dan berkembang biak. Padahal sebenarnya hanya nyamuk betina yang mengkosumsi darah sedangkan nyamuk jantan mengkosumsi sari-sari pati buah sebagai makannya. Kedatangan nyamuk di rumah memang sangat mengganggu, segala cara pasti dilakukan untuk mengusir nyamuk dari rumah. Biasanya menggunakan raket listri atau semprotan nyamuk.

Tapi ternyata dilansir hellosehat.com ada tanaman-tanaman yang dapat mengusir nyamuk, kita bisa menggunakan tanaman tersebut untuk mengusir nyamuk dan juga bisa sebagai pemanis dirumah.

1. Serai wangi   

Gambar terkait                                                                  

Serai tidak hanya digunakan sebagai penyedap makanan atau minuman saja. Pasalnya, serai juga bisa digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk. Bahkan sejak dulu serai telah digunakan sebagai salah satu tanaman yang paling efektif untuk mengusir nyamuk. Oleh karena itu, tidak heran jika lilin aromaterapi atau losion anti nyamuk sering menggunakan serai sebagai bahan utamanya.

Serai bisa tumbuh subur di berbagai iklim dan jenis tanah. Hal inilah yang membuat serai jadi tanaman yang mudah ditemui dan dipelihara sendiri di rumah. Meskipun serai tidak cocok bila ditanam di dalam pot, Anda bisa mengakalinya dengan menanamnya di bawah jendela sekitar rumah. Ini dilakukan agar nyamuk tidak masuk ke dalam rumah.

2. Lemon balm

Gambar terkait

Sama seperti serai, lemon balm juga mengandung senyawa sitronelal yang ampuh untuk mengusir nyamuk. Aroma jeruk dari daun lemon balm ini juga salah satu wewangian yang tidak disukai nyamuk. Meski begitu, Anda harus berhati-hati apabila ingin menanam daun ini di pekarangan rumah. Pasalnya, tanaman ini memiliki sifat invasif, atau memiliki pertumbuhan yang cepat. Bahkan, tanaman ini bisa tumbuh sampai 2 meter, atau terkadang bisa lebih tinggi.

3. Lavender

Gambar terkait

Bunga lavender berwarna ungu dan memiliki aroma yang sangat harum. Meski aromanya banyak disukai manusia, namun bagi nyamuk aroma lavender merupakan aroma yang paling dihindari. Pasalnya lavender mengandung zat linalool dan lynalyl asetat, yaitu dua zat yang sangat tidak disukai oleh nyamuk. Anda bisa meletakkan tanaman bunga lavender di dalam pot dekat jendela atau pintu agar tidak ada nyamuk yang masuk ke rumah.

4. Catnip

Catnip atau Nepeta cataria adalah tanaman yang sering digunakan untuk merangsang kucing agar lebih aktif. Setelah kontak dengan tanaman ini, kucing Anda mungkin akan menunjukkan perubahan perilaku yang semakin aktif. Namun, hal ini tidak berlaku bagi nyamuk. Pasalnya, catnip merupakan tumbuhan yang sangat ditakuti nyamuk. Bahkan penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan minyak esensial dalam catnip, yang dikenal sebagai nepetalactone, diketahui ampuh untuk mengusir nyamuk daripada obat DEET (Diethyl-meta-toluamide), yaitu unsur kimia yang berpotensi memberikan dampak buruk bagi kesehatan.  

Tanaman ini bisa tumbuh tinggi, jadi jika Anda ingin menanamnya di pekarangan rumah, sebaiknya tanamlah di area yang tidak akan menghalangi pandangan Anda.

5. Bawang putih

Gambar terkait

Bawang putih sudah lama digunakan untuk mengusir nyamuk. Anda bisa mengiris bawang putih dan menaruhnya di tempat-tempat di mana sirkulasi udara berasal, misalnya jendela dan pintu rumah. Agar tidak terlalu beraroma menyengat Anda bisa menambahkan minyak esensial lavender atau lainnya sesuai dengan selera Anda.

6. Geranium

Gambar terkait

Geranium juga diketahui sebagai jenis tumbuhan pengusir nyamuk. Tanaman yang lebih dikenal dengan tapak dara ini mengandung geraniol dan sitronelol. Kandungan tersebut sangat tidak disukai oleh nyamuk karena baunya yang harum saat tertiup angin.

Anda bisa menanam tanaman ini di dalam pot dan kemudian menaruhnya di dalam ruangan untuk mengusir nyamuk yang masuk ke dalam rumah. Selain untuk mengusir nyamuk, geranium juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias karena memiliki warna bunga yang sangat cantik.