Sudah diluncurkan di Tiongkok, ini seri baru Xiaomi Mi 5X dan MIUI 9

MONITOR – Xiaomi baru-baru ini telah mengumumkan ponsel pintar terbarunya, Mi 5X, yang dilengkapi dengan kamera ganda.

Pada kesempatan yang sama, Xiaomi juga menghadirkan MIUI 9, sistem operasi terbarunya yang berbasis Android.

Bukan hanya itu saja, Xiaomi juga mengumumkan speaker pintar yang dapat diaktifkan dengan kontrol suara (voice-activated smart speaker), bernama Mi AI Speaker. Mi AI Speaker merupakan hub untuk produk rumah pintar (smart home) Xiaomi dan menghubungkan strategi Mi Ecosystem.

Mi 5X

Produk Mi 5X merupakan sebuah perangkat yang menekankan komitmen Xiaomi dalam membuat inovasi terjangkau bagi para konsumen seluas mungkin. Mi 5X memiliki kamera ganda yang mirip seperti fitur yang ada pada produk flagship Xiaomi, Mi 6, dengan angle yang luas dan lensa telefoto untuk hasil efek yang luar biasa. Kedua lensa ini memungkinkan Mi 5X untuk mengkalkulasikan apa yang ada di latar depan dan apa yang ada di latar belakang, yang menciptakan efek depth-of-field, yang biasanya hanya bisa didapatkan bila menggunakan kamera DSLR.

Selain itu, kedua lensa ini juga memungkinkan pengguna untuk mengabadikan foto yang indah dengan latar belakang yang out-of-focus. Mi 5X juga mendukung optical zoom 2x yang memungkinkan subjek foto yang berjarak jauh tetap jernih dan tidak kehilangan kualitas gambar, serta kemampuan digital zoom sampai 10x.

Dengan desain all-metal unibody, Mi 5X tersedia dalam pilihan warna Black, Gold, dan Rose Gold, dengan ketebalan 7,3 mm, dan garis-garis antena tersembunyi yang menjadikan tampilannya lebih indah.

Ponsel pintar ini dilengkapi dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 625 yang berbasis pada proses manufaktur 14nm, serta baterai 3080mAh, RAM 4GB, dan kapasitas memori sebesar 64GB.

Selain itu, Mi 5X juga dapat digunakan untuk dua kartu SIM, atau lebih dikenal dengan istilah dual SIM (3-choose-2 hybrid SIM tray). Ponsel pintar ini akan tersedia untuk pasar Tiongkok mulai tanggal 1 Agustus nanti dengan harga RMB 1499, atau setara dengan 3 juta rupiah.

MIUI 9:

Co-founder Xiaomi Hong Feng mengungkapkan bahwa MIUI 9 telah digunakan oleh lebih dari 280 juta pengguna di 142 negara dan wilayah di seluruh dunia. Lewat sistem operasi berbasis Android ini, MIUI 9 memberikan pengalaman yang lebih cepat kepada para penggunanya. MIUI 9 dilengkapi dengan fitur pencarian wajah yang memungkinkan para pengguna untuk menemukan foto, dokumen, bahkan screenshot dari pesan chat melalui pengenalan wajah, tipe dokumen, dan bahkan teks dalam gambar. Bukan itu saja, MIUI 9 juga memperkenalkan fitur “Smart assistant” yang memudahkan pengguna dalam mengakses informasi yang sering diperlukan dan fungsi yang sering digunakan hanya dengan menggeser layar ke kiri tanpa harus membuka setiap aplikasi – termasuk item favorit, pengeluaran, informasi kurir, serta jadwal sehari-hari. Di samping “Smart assistant”, MIUI 9 juga dilengkapi dengan fitur “Smart app launcher” yang dapat meluncurkan aplikasi terkait berdasarkan konten yang ada pada layar.

Sejak diluncurkan pada tanggal 10 Agustus 2010, MIUI senantiasa diperbarui setiap minggunya selama lebih dari 340 minggu. Bahkan, perangkat-perangkat yang diluncurkan lima tahun lalu pun masih menerima update sampai hari ini. MIUI 9 akan tersedia di pasar Tiongkok mulai tanggal 11 Agustus sebagai beta publik pada Mi 6, Mi 5X dan Redmi Note 4. Sedangkan untuk perangkat-perangkat lainnya, support akan diluncurkan secara bertahap mulai dari 25 Agustus mendatang.

Mi AI Speaker: Pusat bagi Produk Smart Home Xiaomi

Bukan hanya sekedar perusahaan ponsel pintar, Xiaomi juga mewujudkan tujuannya untuk membawa inovasi bagi semua orang dengan memberikan spektrum yang menyeluruh bagi elektronik konsumen; dan disinilah strategi Mi Ecosystem ikut berperan. Dengan berinvestasi pada 89 perusahaan (sampai hari ini), Xiaomi mampu menawarkan jajaran produk smart home yang luas. Setelah tiga tahun, platform IoT Mi Ecosystem telah melewati 60 juta perangkat yang terhubung, yang menjadikan Xiaomi sebagai platform perangkat keras pintar terbesar di dunia.

Hari ini, Xiaomi mengumumkan Mi AI Speaker, sebuah pengeras suara kualitas tinggi yang dilengkapi dengan enam mikrofon untuk mendeteksi perintah suara dari segala arah, dan menjadi pusat kontrol dari produk smart home dari perusahaan ini.

Pada mulanya, Mi AI Speaker tercetus dari kolaborasi antara tim Mi TV “Lab Explorer” dan Tim R&D “Mi Brain”. Sejak saat itu, Mi AI Speaker berkomitmen untuk terus mengeksplorasi teknologi AI (Artificial Intelligence). Mi AI Speaker dijual seharga RMB 299, atau hampir setara dengan 600 ribu rupiah, namun akan terlebih dahulu diluncurkan di bulan Agustus melalui program beta yang merekrut 1000 pengguna yang masing akan membayar RMB 1 untuk membantu melatih Mi AI Speaker menjadi lebih cerdas pada tahap awal ini.

Dengan perintah suara, pengguna dapat terhubung pada stasiun radio internet, menikmati musik streaming, mendengarkan audio books, bahkan berfungsi selayaknya asisten pribadi yang memberikan informasi seperti prakiraan cuaca, kondisi lalu lintas, kalender pengingat, dan lain-lain.