Penghujung Tahun 2017, Sistem Operasi ini Tak Dapat Gunakan WhatsApp

MONITOR, Jakarta – WhatsApp kini telah menjadi aplikasi terpopuler untuk berkomunikasi antar pengguna smartphone, tak hanya fitur pesan dan panggilan melalui sambungan internet, fitur grup chat dan berbagi file pun lengkap membuatnya kian diminati.

Namun, baru-baru ini Wahatsapp mengumumkan bahwa sistem operasi tua seperti BlackBerry OS, Windows Phone 8.0, Nokia S40 dan Android versi 2.3.7 atau Gingerbread mendatang tak dapat menggunakan aplikasi pesan yang khas dengan warna hijaunya itu.

Untuk BlackBerry OS termasuk BlackBerry 10, Windows Phone 8.0 pengguna dapat menggunakan WhatsApp hanya sampai penghujung tahun ini, yakni 31 Desember 2017. Sementara Nokia S40 dan Android Gingerbread masing-masing memiliki waktu hingga 31 Desember 2018 dan 1 Februari 2020.

"Platform ini tidak menawarkan kemampuan yang kami butuhkan untuk memperluas fitur aplikasi kami di masa mendatang," tulis WhatsApp di blog perusahaan.

Pihak WhatsApp menyarankan, untuk pengguna  yang menggunakan salah satu perangkan seluler yang terpengaruh kebijakan tersebut, sebaiknya meningkatkan versi OS yang lebih baru.

Untuk Android, disarankan meningkatkan sistem operasi ke OS 4.0+, atau setingkat di atas Gingerbread yakni Ice Cream Sandwitch, untuk iPhone disarankan menggunakan iOS 7 atau yang lebih baru. Sementara untuk Windows Phone, disarankan menggunakan Windows Phone 8.1+ sehingga dapat terus menggunakan WhatsApp.

"Setelah anda memiliki salah satu perangkat (yang disarankan) ini, cukup instal WhatsApp dan verifikasi nomor telepon Anda di perangkat baru. Ingatlah bahwa WhatsApp hanya dapat diaktifkan dengan satu nomor telepon pada satu perangkat dalam satu waktu."

Untuk diketahui, sistem operasi smartphone yang lebih dulu tidak mendapat dukungan pengembangan WhatsApp yakni versi Android lebih tua dari 2.3.3, Windows Phone 7, iPhone 3GS/ iOS 6 dan Nokia Symbian S60.