Pangkas Biaya Uji Terbang, Rusia Kembangkan Peralatan Virtual

MONITOR- Rusia sedang mencari cara untuk mengganti tes penerbangan sungguhan dan berbiaya mahal dengan yang lebih murah dan dijalankan secara virtual. 

Rencana tersebut dikatakan oleh Boris Stovsky, seorang manajer proyek di Calif Research Fund (FPI) Rusia kepada Sputnik, Minggu (13/8).

"Kami sedang mengerjakan sebuah fasilitas yang didominasi perangkat lunak, dirancang sepenuhnya oleh Rusia, akan dapat melakukan pengujian virtual untuk semua jenis benda terbang. Untuk mewujudkannya, sekarang kami memiliki sejumlah lembaga penelitian dan biro desain yang bekerjasama dengan calon pelanggan yang mengambil bagian dalam proses pengembangan hampir dari hari pertama," kata Boros Stosvsky.

Dia menambahkan bahwa sampai saat ini, percobaan real-time menyedot biaya terbesar dari pengembangan pesawat baru karena tingginya biaya peralatan pengujian di darat dan uji terbang yang sering menyebabkan hilangnya pesawat uji.

Dengan begitu upaya saat ini secara bertahap diharapkan  dapat menggantikan tes real-time dengan yang virtual.

Boris menambahkan bahwa bahasa pemrograman yang dibutuhkan untuk proyeknya sudah pada tahap pengujian pada jenis pesawat yang ada.

Ketika diterapkan, sistem baru ini akan mempercepat pengembangan jenis pesawat udara dan pesawat ruang angkasa baru dan tentu akan memangkas biaya.