Pakai Chip Modem 5, Qualcomm Raih Data Koneksi Data 5G

MONITOR – Qualcomm Technologies Inc., anak perusahaan dari Qualcomm Incorporated (NASDAQ: QCOM), mengumumkan kesukesan mencapai koneksi data 5G dengan chip modem 5G untuk perangkat mobile.

Chipset modem 5G Qualcomm® SnapdragonTM memberikan kecepatan gigabita dan koneksi data pada pita frekuensi radio 28GHz mmWave, menghadirkan generasi baru teknologi seluler seraya mempercepat kehadiran perangkat yang mendukung 5G NR kepada konsumen. Selain itu, Qualcomm Technologies juga memberikan preview dari acuan desain smartphone 5G pertamanya untuk pengujian dan optimasi teknologi 5G di dalam batasan-batasan daya dan bentuk smartphone.

“Mencapai koneksi data 5G pertama kali di dunia dengan chip modem 5G Snapdragon X50 5G pada spektrum 28GHz mmWave merupakan bukti dari kepemimpinan Qualcomm Technologies di bidang 5G dan keahlian di konektivitas mobile,” tutur Cristiano Amon, Wakil Presiden Eksekutif Qualcomm Technologies, Inc. dan Presiden, QCT.

“Loncatan besar ini dan acuan desain smartphone 5G kami menunjukkan bagaimana Qualcomm Technologies terus berupaya mendorong 5G NR pada perangkat mobile untuk meningkatkan pengalaman mobile broadband untuk pengguna di seluruh dunia.” tambahnya. 

Demonstrasi koneksi data 5G tersebut berlangsung di laboratorium Qualcomm Technologies di San Diego. Demonstrasi tersebut berhasil mencapai kecepatan unduh gigabita dengan memanfaatkan beberapa carrier 5G 100 MHz, yang berjalan pada spektrum 28GHz milimeter wave (mmWave).

5G NR mmWave adalah area baru di dunia mobile, yang telah dimungkinkan oleh standar 5G NR, dan diperkirakan akan mengantarkan konsumen ke pengalaman pengguna di era baru dan meningkatkan kapasitas jaringan secara signifikan.

Selain chipset modem 5G Snapdragon X50, demonstrasi tersebut juga menggunakan SDR051 mmWave RF transceiver integrated circuit (IC). Demonstrasi tersebut turut menggunakan 5G Protocol R&D Toolset baru dari Keysight Technologies dan UXM 5G Wireless Test Platform.

Qualcomm Technologies merupakan perusahaan pertama yang mengumumkan chipset modem 5G pada tahun lalu. Kemampuannya untuk berkembang dari tahap pengumuman produk hingga mencapai tahap silikon fungsional hanya dalam jangka waktu dua belas bulan menunjukkan kepemimpinan Qualcomm Technologies di teknologi selular – yang saat ini merambah ke 5G.

Qualcomm Technologies telah menjadi kunci di dalam mempercepat komersialisasi 5G NR yang sangat dinanti-nantikan ke tahun 2019 melalui berbagi kontribusi penting, seperti penelitian dan penemuan dasar, penentuan standar 3GPP, perancangan sub-6 GHz dan sistem prototipe mmWave 5G NR, uji coba interoperabilitas dan over-the-air dengan operator global utama dan penyedia infrastruktur, serta mengembangkan produk sirkuit terintegrasi untuk perangkat mobile.

Keluarga modem Snapdragon X50 5G NR diharapkan akan menunjang peluncuran komersial smartphone dan jaringan 5G pada paruh pertama tahun 2019.