Menyikat Gigi Usai Minum Kopi Tidak Dibolehkan, Ini Alasannya

Menyikat gigi setelah minum kopi tidak diizinkan.

MONITOR, Jakarta – Kopi dan teh merupakan minuman yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Diakui, kebanyakan dari kita tidak bisa memulai hari tanpa secangkir kopi. Ya, karena kopi adalah teman terbaik untuk mengawali hari atau sebagai minuman wajib kala berkumpul dengan teman-teman.

Minuman berkafein ini memang membuat kita segar seharian, tetapi efek sampingnya juga membuat senyum jadi tidak cantik. Kandungan di dalam kopi dapat menyebabkan gigi berubah menjadi. kekuningan.

Mau tidak mau kita harus menyikat gigi setelah meminum minuman hitam manis itu. Namun, tahukah kamu bila kamu langsung menyikat gigi setelah meminum kopi justru dapat merusak gigi?

Menurut dokter gigi dari Hawaii Family Dental, Danica Lacson menjelaskan bahwa menyikat gigi segera setelah minum kopi akan melemahkan enamel pada gigi.

Makanan dan minuman yang mengandung asam seperti kopi, akan menyebabkan tingkat pH di dalam mulut akan berkurang dan perlu beberapa waktu sampai pH kembali normal.

Ketika Anda segera menyikat gigi tanpa memberi jeda setelah minum kopi maka justru menyebabkan kerusakan pada enamel gigi dan menyebabkan kerusakan pada lapisan pelindung, sehingga gigi menjadi rentan berlubang dan menyebabkan penyakit pada gusi Anda.

Jadi menyikat gigi setelah minum kopi haruslah dengan waktu yang tepat, yaitu sekitar 30 menit setelah meminum kopi.

Tidak hanya minum kopi, setelah mengemil makanan dan minuman tinggi karbohidrat Anda juga perlu disarankan untuk membersihkan gigi setidaknya 20 menit setelah makan. Namun, pada makanan dan minuman yang bersifat asam maka waktunya ditambah 10 menit lagi yakni menjadi 30 menit.

Perlu diketahui, Kamu juga harus menjaga jeda antara menyikat gigi dengan makanan dan minuman asam lainnya seperti jeruk dan lemon.