Menikmati Pesona Gunung Galunggung

MONITOR, Tasikmalaya – Provinsi Jawa Barat memiliki segudang objek wisata yang sangat indah, salah satunya adalah Gunung Galunggung. Gunung ini merupakan gunung berapi yang memiliki ketinggian 2.167 mdpl. Letaknya sekitar 17 kilometer dari pusat Kota Tasikmalaya. 

Di sekitaran lokasi wisata ini, kalian bisa memilih untuk pergi ke kawah atau pemandian air panas. Apabila kalian ingin melihat panorama kawah, di sepanjang jalan, kalian akan disuguhi pemandangan hutan yang hijau dan rindang.

Menjelang tiba di kawasan wisata alam Gunung Galunggung, jalan semakin sempit, terjal, dan di kiri-kanan jalan hanya terdapat pepohonan hijau layaknya hutan. Sisa perjalanan untuk sampai di lokasi kawah Gunung Galunggung dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Tidak perlu khawatir dengan track yang licin, becek, dan berliku, pasalnya untuk bisa menyaksikan keindahan kawah Gunung Galunggung, pendaki hanya diharuskan menaiki anak tangga sebanyak 620 buah. Di sepanjang anak tangga itulah, kalian nanti akan disuguhi spot alam terbaik yang instagramable. Bisa dibayangkan, perjuangan kalian menempuh anak tangga ini yang sangat melelahkan ini akan terbayarkan saat mencapai puncak gunung api.

Pemandangan kawah Gunung Galunggung yang didominasi oleh warna hijau menawan menjadi pelunas rasa lelah sehabis mengarungi anak tangga. Keringat yang mengucur menjadi terasa sejuk dengan hembusan udara khas pegunungan. Lokasi ini kerap menjadi tempat yang cocok untuk melakukan aktivitas paralayang.

Objek lain yang sangat diminati wisatawan saat berada di kawah Gunung Galunggung adalah kawahnya. Letak kawah cantik ini berada di puncak gunung Galunggung. Bisa dibayangkan, airnya yang berwarna hijau dan terdapat banyak habitat laut seperti ikan yang berwarna warni.

Bibir kawah Taman Wisata Alam Galunggung merupakan lokasi favorit bagi para pendaki untuk mendirikan tenda dan bermalam. Menyaksikan keindahan kawah Galunggung nan hijau dari dekat merupakan pengalaman wisata yang sungguh mengasyikan. Di lokasi ini juga terdapat posko bagi para pendaki. Tidak jauh dari posko, berdiri sebuah mushola yang sengaja dibangun bagi mereka yang mendambakan tempat berdoa dengan suasana hening, sejuk, dan menyatu dengan alam.