Manfaat Kumis Kucing yang Harus Anda Ketahui

Manfaat kumis kucing udah sejak lama dipercaya memiliki khasiat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit, baik yang ringan maupun yang sifatnya akut. Mulai dari penyakit encok, rematik, kencing manis, hingga sifilis, dikatakan bisa sembuh dengan menggunakan kumis kucing sebagai obat herbal.

MONITOR, Jakarta- Tumbuhan bernama Orthosiphon aristatus, atau yang dikenal di Indonesia dengan nama tumbuhan kumis kucing, merupakan salah satu tanaman yang tergolong unik. Tanaman yang endemik di area beriklim tropis, seperti Afrika, Asia, dan Australia ini, sudah sejak lama dipercaya memiliki khasiat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit, baik yang ringan maupun yang sifatnya akut. Mulai dari penyakit encok, rematik, kencing manis, hingga sifilis, dikatakan bisa sembuh dengan menggunakan kumis kucing sebagai obat herbal.

Benarkah adanya hal ini? Apa saja sebenarnya manfaat kumis kucing bagi kesehatan?
Yuk, simak daftar lengkap manfaat kumis kucing berikut ini!

1. Digunakan sebagai Terapi Irigasi
Manfaat kumis kucing yang pertama adalah sebagai salah satu bahan dalam melakukan suatu terapi yang disebut Terapi Irigasi, atau “irrigation therapy”. Ini berarti, kumis kucing yang telah dihaluskan harus dicampur dengan banyak cairan, guna meningkatkan volume urin yang dibuang dari dalam tubuh. Hal ini penting bagi Anda yang menderita masalah atau gangguan kesehatan pada kandung kemih yang menyebabkan urin tidak keluar dengan lancar.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi
Manfaat kumis kucing yang kedua untuk kesehatan adalah menurunkan tekanan darah tinggi bagi Anda penderita hipertensi. Penyakit yang muncul akibat gaya hidup tidak sehat ini bisa diatasi dengan rutin mengonsumsi cairan kumis kucing secara rutin. Beberapa orang percaya bahwa kandungan anti-peradangan dan antioksidan di dalam tanaman ini adalah penyebab khasiatnya begitu tinggi. Caranya, Anda cukup merebus daun kumis kucing di dalam air panas mendidih, dan meminumnya selagi hangat. Mudah, bukan?

3. Mengatasi gangguan pernapasan
Manfaat kumis kucing yang ketiga adalah membantu dalam mengatasi masalah kesehatan terkait sistem pernapasan Anda. Gangguan pernapasan yang dimaksud termasuk asma dan batuk. Untuk membuatnya efektif dalam melawan gangguan pernapasan, biasanya kumis kucing akan dicampurkan pula dengan tanaman herbal lainnya. Campuran antara kumis kucing dan berbagai tanaman herbal inilah yang nantinya diminum secara rutin guna mengatasi asma dan batuk.

4. Penawar jamur (anti-fungal)
Jarang yang tahu bahwa tanaman kumis kucing memiliki komposisi kimia yang membantu dalam mencegah pertumbuhan parasit dan substansi asing di dalam tubuh. Hal ini karena kandungan di dalam kumis kucing memiliki kemampuan dalam memotong rantai penyuplaian nutrisi pada jamur. Karenanya, tumbuhan kumis kucing dapat Anda oleskan secara merata pada area tubuh yang terkena infeksi jamur, setelah sebelumnya dihancurkan hingga menjadi salep.

5. Mengatasi gangguan ginjal
Tahukah Anda bahwa di luar negeri, kumis kucing dikenal juga sebagai “kidney plant”? Hal ini mungkin karena khasiatnya dalam menyembuhkan penyakit ginjal tertentu. Di Indonesia, sejak lama telah dipercaya bahwa jika Anda membuat tehherbal dari olahan tumbuhan kumis kucing, teh ini bisa menghilangkan atau mengecilkan ukuran batu ginjal jika diminum secara teratur. Manfaat ini telah diverifikasi oleh beberapa uji klinis, dan juga berkembang hingga menyembuhkan infeksi ginjal, infeksi kandung kemih, hingga infeksi saluran kencing. Hebat, bukan?

6. Menstabilkan kadar gula darah
Selain mengatasi masalah ginjal dan pernapasan, ternyata kumis kucing juga bermanfaat dalam mengatasi masalah gula darah. Pada beberapa studi ilmiah, hasil menunjukkan bahwa kumis kucing memang efektif dalam mengatur kadar gula darah dan membantu Anda dalam mengontrol diabetes.

7. Mengatasi encok
Manfaat kumis kucing yang terakhir ini sangatlah populer di kalangan lansia, yaitu mengatasi penyakit encok. Dalam hal ini, kandungan enzim yang ada di dalam kumis kucing, seperti flavonoid dan asam alami dapat mengurangi rasa nyeri akibat encok. Tak hanya itu, kumis kucing juga dapat menjadi perawatan pada penyakt rematik dan artritis.

Nah, itu dia 7 manfaat kumis kucing dalam hal kesehatan yang harus Anda ketahui, sebelum meragukan khasiatnya. Semoga bermanfaat, ya!