Manfaat Air Cucian Beras yang Tidak Banyak Orang Ketahui

MONITOR, Jakarta – Beras adalah salah satu bahan yang dijadikan makanan pokok oleh sebagian negara di dunia, khususnya di Indonesia. Hal inilah yang membuat beras menjadi kebutuhan dan selalu dicari oleh banyak orang untuk diolah. Selain itu beras menjadi pemasok kalori di tubuh kita lebih dari setengah dari jumlah kalori. Tetapi tidak hanya beras namun air beras juga memilii manfaat yang banyak baik untuk luar maupun dalam tubuh.

Jangan buang air bekas cucian beras, karna ternyata air beras banyak bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan di dalamnya terdapat kandungan mineral dan zat yang memang bermanfaat untuk menyehatkan. Seperti kandungan asam amino, vitamin, minetral, dan antioksidan. Beras mengandung gula menjadikan air beras yang telah dimasak mengandung karbohidrat dan biasa disebut air tajin. Berikut manfaat air cucian beras untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Air Beras Dapat Mencegah dan mengurangi kerontokan rambut

Hasil gambar untuk rambut kering rusak

Kandungan mineral dan pitera yang terdapat dalam air beras dapat mengobati rambut yang kering dan rusak. Rambut kering dan rusak disebabkan oleh pemakaian berbagai zat kimia ataupun penataan rambut yang terlalu ekstrim. Air beras akan membantu meregenerasi rambut yang rusak dengan mengembalikan kelembapan rambut.

Cara menggunakannya cukup mudah. Siapkan air beras, tambahkan beberapa tetes minyak esensial pilihan Anda. Lalu aplikasikan pada rambut yang sudah dikeramas, diamkan beberapa menit, dan bilas dengan air dingin. Air cucian beras ini sangat bagus dan tidak akan membuat kulit kepala berketombe.

2. Air Beras Membuat kulit wajah menjadi lembut dan bercahaya

Gambar terkait

Air beras berguna untuk membuat kulit wajah menjadi lebih sehat di antaranya menjadi lembut dan lebih cerah. Kandungan berbagai vitamin seperti Vitamin E membuat kulit menjadi lebih cerah bahkan dapat lebih putih. Jangan khawatir, air beras tidak akan membuat kulit kering dan malah sebaliknya. Mencuci muka dengan air beras secara teratur dapat mencerahkan dan mencegah masalah kulit. Secara bertahap, kulit muka akan menjadi lebih bercahaya, melembutkan kulit dan dapat menyamarkan flek hitam. Karena nutrisi penting dan protein didalam air beras dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

3. Air Beras Mengontrol minyak berlebih

Hasil gambar untuk kulit berminyak

Air beras yang mengandung asam amino akan membuat pH di kulit menjadi stabil. Hal ini akan berdampak pada stabilnya kandungan minyak di kulit khususnya kulit wajah. Seperti yang kita ketahui, minyak di wajah memang sering menimbulkan masalah baru seperti jerawat yang membandal. Air beras akan menjadi oil control.

Cara penggunannya sangat mudah, sisihkan saja air beras yang sudah bersih bekas mencuci beras untuk dimasak. Pertama-tama, cuci wajah terlebih dahulu dengan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Lalu, cuci kembali wajah dengan air beras yang sudah disiapkan. Diamkan air cucian beras di wajah Anda sekitar 5-10 menit, lalu bilas dengan air bersih. Dengan penggunaan rutin, minyak di wajah Anda akan berkurang dan wajah lama kelamaan akan terlihat lebih cerah. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Air Beras Untuk Panas Dalam

Hasil gambar untuk air beras untuk panas dalamj

Ternyata pengobatan ini telah dilakukan sebagai alternatif pengobatan nasional cina kuno. Efek yang diberikan ternyata cukup ampuh.

Cara Penggunaan :

  1. Cuci beras sebelum di masak
  2. Buang air cucian pertama
  3. Ambil 1 gelas air cucian kedua / ketiga
  4. Minum pada pagi hari.

Note: Anda harus waspada, kalau dulu beras itu sangat banyak “sagunya” tangan kita dicempungin di beras bisa seperti sagu melekat. Namun saat ini sangat sulit sekali mencari beras yang bertepung seperti ini.

5. Air Beras Menghilangkan Jerawat

Gambar terkait

Terobosan tebaru dari penelitian yang dilakukan oleh dunia kecantikan, ternyata air beras juga ampuh untuk mengatasi masalah jerawat membandel. Caranya Cukup cuci muka setiap pagi hari dengan cucian air beras (cucian ke 2/3), lakukan secara rutin dan rasakan bedanya.