Kenali Cara Berjemur yang Benar Agar Kulitmu Tetap Sehat

MONITOR – Beberapa sebagian orang memanjakan dirinya di bawah paparan sinar matahari untuk mendapatkan pesona gelap pada kulit. Tetapi, melakukannya secara asal justru memberikan dampak yang buruk. Agar terhindar dari efek negatifnya, yuk ketahui cara berjemur yang benar di sini.

Ketika terpapar sinar ultraviolet (UV) berlebih, umumnya kulit akan terbakar dan menjadi lebih gelap. Perubahan warna ini disebabkan oleh produksi melanin (pigmen pemberi warna gelap) yang berfungsi untuk melindungi kulit.

Namun, paparan sinar UV berlebih malah akan menyebabkan berbagai masalah pada kulit dan merupakan faktor risiko kanker kulit.

Apa yang Harus Dilakukan agar Tetap Dapat Berjemur?

  1. Memakai topi lebar untuk melindungi wajah dari paparan sinar UV. Nah, agar kamu tetap bisa menikmati waktu berjemur dan terhindar dari beragam efek negatifnya, beberapa cara berjemur yang benar berikut ini patut kamu perhatikan.
  2. Ketahui Waktu Berjemur
    Hindari berjemur lewat dari jam 10 pagi hingga jam 4 sore. Paparan radiasi sinar UV dalam rentang waktu ini sangat tinggi dan akan merusak kulitmu. Ingat, meskipun langit terlihat mendung atau tertutup awan, kulitmu tetap dapat terpapar radiasi sinar ultraviolet. Jadi, jangan sembarangan berjemur ya!
  3. Pakailah Sunscreen/Tabir Surya
    Meskipun tujuan utamamu adalah berjemur, tapi sunscreen tetap harus dipakai. Pilihlah tabir surya dengan SPF minimal 30 serta memberikan perlindungan terhadap sinar ultraviolet A dan
    Agar perlindungan yang diperoleh maksimal, oleskan tabir surya sekitar 20-30 menit sebelum berjemur dan aplikasikan kembali minimal setiap dua jam, atau setelah berenang
  4. Gunakan Kacamata Hitam
    Selain kulit, mata juga membutuhkan perlindungan dari sinar UV. Pasalnya, paparan sinar ultraviolet berlebih dapat memicu beragam penyakit pada mata. Katarak, pterygium, dan degenerasi makula adalah beberapa contohnya.
    Oleh sebab itu, gunakan kacamata hitam sebelum dan saat berjemur. Pastikan lensa hitam ini turut memberikan perlindungan terhadap sinar ultraviolet A dan B serta menutupi seluruh bagian mata.
  5. Memakai Topi
    Selain dapat berperan untuk mempercantik diri, memakai topi lebar mampu melindungi wajahmu dari radiasi sinar UV. Tidak mau kan wajahmu kusam karena terlalu lama terpapar sinar matahari?